Tol Cikapali Rampung, Cirebon Harus Jadi Kota Tujuan

by -22 views

4229161pPembangunan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sedang dalam pengerjaan dan ditargetkan selesai Juni 2015. Dengan begitu, kurang dari dua tahun lagi tol tersebut bisa beroperasi.

Ketua DPRD Kota Cirebon, HP Yuliarso mengatakan, keberadaan tol Cikapali jangan sampai merugikan Kota Cirebon. Sebaliknya, harus menguntungkan. “Cirebon jangan cuma jadi tempat lewat tapi harus jadi kota tujuan,” katanya di sela-sela peresmian kantor baru Bappeda Kota Cirebon, Rabu (12/2).

Menurut Yuliarso, semua bus yang tadinya melintasi Pantura Cirebon wajib masuk Terminal Harjamukti, Kota Cirebon. Bus-bus itu tak boleh langsung lewat tol tanpa masuk ke terminal.

Selain itu, pariwisata Kota Cirebon juga harus gencar berpromosi agar banyak wisatawan yang berkunjung ke Cirebon. “Cirebon punya kuliner, tempat wisata dan didukung hotel tentu harus banyak wisatawan yang datang ke Cirebon,” ujar Yuliarso.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, Ano Sutrisno yakin Cirebon akan maju setelah ada tol dan bandara internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka. Sebab Cirebon punya banyak hal yang bisa menarik wisatawan untuk datang.”Warga harus siap-siap karena Cirebon akan jadi kota tujuan. Bikin sesuatu yang berkesan untuk para wisatawan,” kata Ano. (jabar.tribunnews.com)