Satelit Prancis Potret Puing Diduga MH370, Wilayah Pencarian Diperluas

by -5 views

073033_pesawatmaswikiCitra satelit Prancis menemukan ‘puing-puing yang mengambang’ sekitar beberapa ratus km di bagian utara dari gambar yang didapat dari satelit AS dan China. Muncul harapan dan pencarian pesawat terbang MH370 pun diperluas pada hari Senin (24/3).

Wakil Perdana Menteri Australia, Warren Truss mengatakan petunjuk baru dalam pencarian pesawat nahas itu menjanjikan. Truss juga memperingatkan pencarian di bagian lapisan es di selatan Samudera Hindia sangat sulit.

“Wilayah perairannya sangat luas untuk mencari kemungkinan adanya obyek yang kecil. Hari ini kami mengira ramalan cuaca yang memburuk akan menjadi tantangan tersendiri, tapi kami akan terus berusaha,” ujar Truss pada ABC Radio, seperti dikutip oleh Reuters yang dilansir Senin (24/3/2014).

Truss mengungkapkan obyek yang dipotret citra satelit Prancis yang dilaporkan ke Malaysia pada hari Minggu (23/3) berada sejauh 850 km di sebelah utara dari area pencarian pesawat saat ini.

“Wilayah itu bukanlah area yang diidentifikasi sebagai daerah di mana pesawat cenderung masuk ke dalam laut,” kata Truss.

Australia telah menggunakan citra satelit AS terhadap 2 obyek mengambang yang ditemukan untuk memetakan area pencarian sekitar 2500 km di sebelah barat daya Perth. Sebanyak 10 pesawat, termasuk pesawat militer Ilyushin IL-76 milik China dan pesawat P-3C milik Jepang China bergabung dalam pencarian yang menyapu area seluas 68.000 km persegi pada hari Senin.

Sejauh ini Malaysia telah menerima citra satelit dari Australia, China dan Prancis terkait obyek potensial diduga MH370. Semua citra satelit baik dari Australia dan China telah diverifikasi dan hasilnya nihil. Citra satelit Prancis sedang akan ditelusuri.(detik.com)