Jelang KTT Nuklir: Cegah Terorisme Nuklir Demi Dunia Lebih Aman

by -4 views

148949_ktt-keamanan-nuklir-di-seoul-korsel-26-27-maret-2012_663_382Masyarakat internasional perlu menanggulangi terorisme nuklir dengan mencegah bahan nuklir berbahaya jatuh ke tangan-tangan tidak tepat.

Demikian digarisbawahi oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menjelang dimulainya KTT Keamanan Nuklirdalam konferensi pers sekaligus secara resmi membukaInternational Media Centre untuk KTT, Minggu (23/3/2014).

“Kita perlu melakukan apa saja yang kita mampu untuk mencegah terorisme nuklir,” tegas PM Rutte.

PM Rutte pada acara tersebut didampingi Menteri Luar NegeriFrans Timmermans dan Walikota Den Haag Jozias van Aartsen, yang juga pernah menjadi Menlu Belanda dalam Kabinet Kok II (1998-2002).

“Ambisi saya sebagai Ketua KTT ini adalah untuk menaikkan target lebih tinggi dan meningkatkan keamanan rakyat lebih tinggi lagi. Tujuan akhirnya jelas: membuat dunia lebih aman,” demikian Rutte.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Frans Timmermans mengatakan bahwa hasil-hasil penting mengenai keamanan nuklir telah dicapai dalam empat tahun terakhir.

“KTT Keamanan Nuklir telah menaikkan kewaspadaan pada tingkat politik tertinggi dan bertujuan mencapai hasil melalui kerjasama internasional,” ujar Menlu Timmermans.

Menurut Timmermans, para pemimpin dunia telah menunjukkan bahwa keamanan nuklir adalah salah satu prioritas tertinggi mereka.

“Perjalanan kita masih sangat jauh untuk menuju sistem keamanan nuklir efektif seluruh dunia, tetapi dalam maraton ini KTT Keamanan Nuklir merupakan percepatan yang sangat vital,” pungkas Timmermans.(detik.com)