Tol Bogor Ring Road IIA Segera Beroperasi Bulan Depan

by -4 views

borrProyek tol Bogor Outer Ring Road seksi IIA dari Kedung Halang-Kedung Badak sudah 98% selesai tahap konstruksinya. April 2014 ini tol yang dibangun melayang (elevated) tersebut akan dioperasikan.

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga David Wijayatno mengatakan, anak usaha perseroan PT Marga Sarana Jabar selaku operator tol ini tengah mengebut pengerjaan seksi IIA. Seksi IIA terbentang sepanjang kurang lebih 2 km.

“Sampai Kedung Badak sekitar 98% konstruksinya, hampir selesai,” kata David saat dihubungi detikFinance, Rabu (26/3/2014).

David mengatakan, progres konstruksi ditargetkan pada akhir bulan ini bisa diselesaikan. Kemudian sebelum dioperasikan, David menjelaskan, masih perlu dilakukan uji kelaikan. Kelaikan tol tersebut akan diuji oleh Kementerian Pekerjaan Umum, Kepolisian dan Kementerian Perhubungan.

“Karena nggak begitu panjang, 2 km itu kita hrapkan 2 minggu selesai. Saya harapkan bulan April itu sudah bisa dioperasikan,” kata David.

“Dengan adanya ini, masyarakat bisa terhindar kemacetan di Kedung Halang. Selama ini macet di situ,” imbuhnya.

Tol ini terbagi menjadi IV seksi: Seksi I (Sentul Selatan-Kedung Halang) 3,85 Km sudah dioperasikan, Seksi II (Kedung Halang-Kedung Badak dan Kedung Badak-Simpang Yasmin) 4,00 Km, Seksi III (Simpang Yasmin-Darmaga) 3,15 Km. Total panjangnya mencapai 11 km.

David mengatakan, kelanjutan proyek hingga ke Simpang Yasmin dan Darmaga masih menunggu kelaikan proyek tersebut.

“Lahannya juga belum, nanti tunggu operasi ini dulu. Nanti tergantung tanah ya dulu, kalau tanahnya nggak ada ya sulit,” tambahnya.

Tol ini dioperasikan oleh perusahaan patungan PT Jasa Marga dan BUMD Jabar yaitu PT Marga Sarana Jabar.(detik.com)