SBY Kirim Lagi Surat ke Raja Saudi untuk Satinah, Tim Pelobi Temui Keluarga Korban

by -3 views

save-satinahPresiden SBY kembali berkirim surat ke Raja Saudi guna membebaskan Satinah dari hukuman mati. Selain itu juga, tim pelobi dari pemerintah akan menemui keluarga korban pembunuhan yang dilakukan Satinah.

“Bapak presiden akan mengirim surat yang ke sekian kalinya ke Raja Saudi, untuk memohon, meminta raja untuk ikut bersama-sama dengan tim ini nanti melobi berkoordinasi dengan keluarga korban agar sedianya 3 April eksekusi pembayaran diyat itu bisa diperpanjang,” jelas Menko Polhukam Djoko Suyanto di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Djoko menjelaskan, sudah banyak upaya-upaya yang dilakukan untuk Satinah. Sampai dengan batas akhir pembayaran diyat yang diminta keluarga masih terus diupayakan.

“Dalam 1, 2 hari ke depan juga akan kirim tim, yang sebenarnya sudah selesai kerjanya akhir tahun lalu tapi masih terus kita gunakan, yang dipimpin oleh Maftuh Basyuni, ke Saudi Arabia,” jelasnya.

Tim pelobi itu juga akan kembali mendekati pihak keluarga, mendekati para tokoh-tokoh masyarakat di Saudi, juga aparat pemerintah Saudi, untuk melobi dan melakukan upaya-upaya koordinasi.

“Agar eksekusi pembayaran diyat paling tidak bisa ditunda,” tambahnya.

Sebenarnya, titik cerah sudah didapatkan yakni sudah ada skema yang disepakati oleh kedua belah pihak, tim dari Indonesia dan keluarga korban.

“Skema ini yang akan kita matangkan ke depan, saya tidak ingin bicara seperti apa karena masih sedang dirundingkan. Akan tetapi skema itu yang ditawarkan oleh keluarga sudah disepakati oleh pemerintah, kita laporkan ke Bapak Presiden. Skema itu lah yang sedang kita tawarkan. Mudah-mudahan itu bisa menunda pelaksanaan eksekusi pembayaran diyat sehingga selamatkan satinah dari hukuman mati,” urainya.(detik.com)