Cara Anak ITB Peringati Hari Bumi

by -4 views

itbHey, anak ITB! Apa agendamu dalam memperingati Hari Bumi? Jika masih bingung, ikutan aja kegiatan peringatan Hari Bumi via video conference ini.

Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) menghelat pekan peringatan Hari Bumi pada Senin-Kamis, 21-24 April 2014. Cukup datang ke Ruang Serbaguna Perpustakaan Pusat ITB Lantai 1, kamu pun bisa belajar tentang berbagai isu lingkungan.

Formatnya menarik. Kita diajak melihat permasalahan lingkungan yang disajikan dalam bentuk film dan diskusi yang diampu para ahli. Uniknya, semua kegiatan itu dilakukan melalui video conference.

Kegiatan hasil kerja sama Perpustakaan Pusat ITB dengan Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Senin, 21 April pukul 10.00-12.00 WIB ada pemutaran film “Future Weather” dan diskusi bersama Janet Long (English Language Fellows).

Kemudian, hari ini, Selasa, 22 April 2014, akan ada Program Digital Video Conference (DVC): Environmental Workshop Focusing on Plastic Bag Diet Movement. Kegiatan yang dijadwalkan pada pukul 14.00-17.00 WIB ini “disiarkan langsung” dari Pusat Kebudayaan Amerika Jakarta (@america) menggunakan DVC. Peserta kegiatan dari Bandung juga bisa mengikuti dan berinteraksi langsung dengan para peserta di Jakarta.

Dikutip dari laman ITB, Selasa (22/4/2014), sesi sharing tentang “Diet Kantong Plastik” ini akan diisi beberapa presentasi untuk membuka diskusi. Para presenter itu adalah Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Pay for Plastic Petition on Change.org, Komunitas Ciliwung Condet, Si Dalang Project dan Greenation Indonesia.

Setelah itu akan ada workshop mengenai pembuatan tas dari kaos bekas. Jadi, jangan lupa bawa kaos bekasmu, ya!

Serunya lagi, selain ITB, ada mahasiswa dari Universitas Tanjungpura Pontianak dan Universitas Sumatera Utara Medan yang akan bergabung dalam program DVC ini.

Pada Rabu, 23 April 2014, ada pemutaran film dan diskusi dokumentasi “Arctic Tale” bersama Kathy Harris (American Volunteers). Kegiatan dijadwalkan berlangsung pada pukul 10.00-12.00 WIB.

“Arctic Tale” adalah film mengenai siklus hidup induk Walrus dan beruang kutub beserta anak-anak mereka. Kehidupan kedua binatang tersebut digunakan untuk menggambarkan realitas kehidupan di KUtub Utara yang kian keras akibat perubahan iklim.

Sementara di hari terakhir, Kamis, 24 April 2014, ada program DVC bertema “Lives change @ your library”. Seperti DVC sebelumnya, peserta di perpustakaan pusat ITB bisa mengikuti dan berdiskusi tentang peran perpustakaan saat ini di Amerika terutama dalam melakukan perubahan.

Para pembicara sesi ini adalah Information Resource Officer, Myra Michele Brown serta Kandidat Doktor dari University of North Texas yang merupakan Kepala Perpustakaan UGM dan peraih beasiswa Fulbright Ph.D. Degree Program, Ida Fajar Priyanto. Selama sekira 1,5 jam, tepatnya pada pukul 13.30-15.00 WIB, mahasiswa di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, juga akan bergabung dalam DVC tersebut.

Civitas akademika Universitas Negeri Semarang memilih tidak mengendarai kendaraan bermotor dan mematikan listrik selama satu jam. Anak-anak ITB terlibat dalam berbagai konferensi jarak jauh tentang isu lingkungan. Lalu, bagaimana caramu untuk memperingati Hari Bumi tahun ini?

(Okezone.com)