Korut: Kunjungan Obama ke Asia, Berbahaya

by -3 views

korutKorea Utara (Korut) menyuarakan keberatannya atas kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Asia. Menurut Korut, kedatangan Obama akan meningkatkan ketegangan militer.

Rencananya, Obama akan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan (Korsel) pada 23 hingga 29 April 2014. Kedua negara tersebut dianggap sebagai sekutu utama AS di AS dan rekan kunci dalam mengatasi program nuklir Korut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korut bereaksi keras terkait rencana obama itu. “Kedatangan Obama adalah perjalanan yang berbahaya yang hanya akan meningkatkan konfrontasi dan mengembalikan awan hitam perlombaan senjata di Semenanjung Korea,” ujarnya kepada KCNA, seperti dikutip Associated Press, Selasa (22/4/2014).

“Jelas sekali kedatangan Obama ke wilayah Asia, merupakan cara untuk menyudutkan program rudal dan nuklir Korut,” lanjutnya.

Dua bulan terakhir menjadi periode meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Latihan militer yang dilakukan oleh Korsel dan AS, memicu kemarahan dari Korut.

Korut menilai, latihan militer tersebut adalah provokasi yang dilakukan terhadap negara mereka. Negara Komunis itu pun melontarkan ancaman akan menyerang latihan militer itu, jika AS dan Korsel melakukan pelanggaran.

(Okezone.com)