Nyam! Ada Gemblong Ketan Hitam Hingga Sangu Rangi Enak di Pasar Mayestik

by -66 views

kueKalau ke pasar ya harus beli jajanan pasar. Di pasar Mayestik ada jajan pasar enak dan murah. Mulai dari kue Ape yang lembut hingga gemblong renyah kenyal. Tinggal pilih sesuai selera, semuanya hangat dan segar.

Hampir di setiap sisi Pasar Mayestik, Anda bisa melihat deretan penjual jajanan khas pasar. Setiap gerobaknya menjajakan setidaknya dua macam kue, semuanya enak dan masih hangat saat disuap. Nyam!

1. Kue ape

Kue khas Betawi ini mempunyai bentuk khas seperti payung. Dibuat di wajan kecil, adonan kue seperti tepung beras dan santan dtuangkan dengan gerakan sedikit memutar untuk membuat kulit pinggiran kue yang kering dan adonan yang ada di dasar wajan mempunyai tekstur lembut. Untuk satu porsi isi 10 dengan pilihan rasa pandan atau original, kue ape dihargai Rp 10.000.

2. Kue pancong

Salah satu jenis kue yang populer di Jakarta ini juga banyak dijajakan di pasar yang berdiri tahun 1950 an ini. Anda bisa memesan kue pancong yang masih hangat dan tinggal menunggu beberapa menit agar adonan tepung beras, kelapa parut, dan santan matang sempurna. Satu porsi berisi dua strip kue pancong bisa Anda nikmati dengan harga Rp 8.000.

3. Kue rangi

Walau terlihat mirip dengan kue pancong, kue rangi mempunyai bahan pembuat sagu dengan tampilan warna putih. Jika pancong disajikan bersama gula pasir, kue rangi dinikmati dengan gula jawa cair manis gurih, satu porsinya dihargai Rp 8.000.

4. Kue cubit

Anda bisa mencicipi kue cubit. Mau matang atau setengah matang? Anda tinggal bilang pada penjual. Satu porsi sangat mengenyangkan, terdiri dari 10 kue yang dihargai Rp 15.000.

5. Kue apem

Kue yang populer di kota Solo ini juga ada. Berbentuk mirip dengan Dorayaki, kue ini mempunyai tekstur yang lembut dengan rasa gurih. Satu kue apem dihargai kira- kira Rp 4.000.

6. Gemblong

Kue ini mempunyai rasa yang gurih manis dengan tekstur renyah kenyal, dengan lumuran gula manis dilcuarnya. Selain versi dengan tepung ketan original, Anda juga bisa mencicipi gemblong ketan hitam yang tak kalah lezat, dijual Rp 1.500 per buah.

(sumber:detik.com)