25 Rumah di Tasikmalaya Terkubur Longsor

by -3 views
ilustrasi
ilustrasi

Sedikitnya 25 rumah rusak tertimbun longsor di Kampung Sukasari, Desa Sundaweunang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (11/7/2013) malam kemarin. Longsor terjadi setelah guyuran hujan tak henti selama beberapa hari di Tasikmalaya dan sekitarnya.

“Sesuai data kami, 8 rumah rusak berat dan 17 lainnya hanya rusak ringan. Semua rumah rusak tertimpa longsoran tanah dari sebuah tebing di wilayah perkampungan,” jelas Ida Juanda, ketua Unit Cegah Siaga BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (12/7/2013) pagi.

Saat ini, lanjut Ida, beberapa warga yang rumahnya tertimpa longsor terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya, yang lokasinya lebih aman. Beruntung, bencana ini tidak menyebabkan korban jiwa karena para penghuni rumah berhasil menyelematkan diri saat bencana longsor terjadi.

“Warga masih trauma ada longsor susulan. Soalnya, bencana longsor di perkampungan itu masih bisa mengancam 45 rumah lainnya,” tambah Ida.

Pagi ini, puluhan petugas gabungan dari BPBD, Polri, TNI dan para relawan, telah berada di lokasi membantu proses pengangkatan barang-barang warga yang rumahnya tertimpa longsor. (*)

sumber: Kompas.com