RS di Cimahi Harus Memasang CCTV

by -4 views

RumahSakitDustiraPasca terungkapnya kasus penculikan bayi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Polres Cimahi meminta agar sistem keamanan rumah sakit yang di wilayah hukum Polres Cimahi dapat ditingkatkan. Terutama, pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) sebagai penunjang keamanan harus diterapkan.

Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, sistem keamanan ditempat umum seperti rumah sakit sudah seharusnya mendapatkan pengawasan yang ekstra.

Di tempat itu juga harus memiliki prosedur pengamanan maksimal termasuk kepatuhan para staf keamanan terhadap prosedur pengamanan yang berlaku.

“Itu dilakukan agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua pihak. Agar tidak sembarang orang bisa masuk,” ujarnya, Minggu (13/4/2014).

Menurut dia, insiden penculikan bayi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung akibat kelonggaran sistem pengamanan. Hal itu harus menjadi pembelajaran agar setiap rumah sakit untuk meningkatkan pengamanan.

Seiring dengan itu, fasilitas pelengkap seperti pemasangan CCTV harus pula disertakan. “Sesuai dengan informasi yang diterima beberapa rumah sakit di Cimahi memang belum semuanya mempergunakan sistem CCTV,” katanya.

Disinggung kemungkinan adanya personil yang ditempatkan dirumah sakit, Erwin menilai hal tersebut akan dikaji sesuai dengan kebutuhan. “Untuk saat ini sepertinya belum akan dilakukan. Tapi kami akan ikut melakukan pemantauan juga dengan patroli,” tuturnya.

Selain CCTV, Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi Ike Hikmawati mengatakan, memperketat keamanan memang perlu untuk dilakukan terutama menerapkan Standar Operasi Prosedur (SOP) pengamanan. “Jangan sampai SOP pengamanan ini baru diberlakukan setelah ada kejadian,” ujarnya.

Sumber: pikiran-rakyat.com
Foto: disparbud.jabarprov.go.id