Komnas HAM: Intoleransi di Yogya Sudah di Ambang Batas

by -7 views

20140530_105415_hemas-rumah-yuliusSiti Noor Laila, anggota sub komisi mediasi Komnas HAM menilai aksi tindak intoleransi di Yogyakarta sudah berada di ambang batas. Selain sudah sering terjadi, pelaku tindak intoleransi tidak hanya orang jauh tetapi juga tetangga dekat.

“Kami menyesalkan aksi penyerangan terhadap umat yang sedang beribadat di Ngalik Sleman tadi malam. Memilih agama dan beribadah itu dijamin oleh undang- undang dan merupakan hak asasi manusia,” ujar Laila, Jumat (30/5/2014) malam.

Menurut Laila, fakta beragam kejadian di Yogyakarta memperlihatkan intoleransi di wilayah tersebut sudah mendekati taraf memprihatinkan. “Korban penyerangan tadi malam mengenali dua pelakunya merupakan tetangga rumah,” ujar dia.

Baca Juga:  Bandung-Garut Kini Bisa Lewat Pangalengan atau Cikajang

Lalia melihat maraknya aksi intoleransi karena penengakan hukum tidak berjalan, malahan terkesan dibiarkan. Karenanya, para pelaku mengulang perbuatannya karena merasa dibiarkan dan kebal hukum.

Dalam beberapa peristiwa, imbuh Laila, negara juga tekesan tak hadir di sana. Menurut dia, intoleransi di Yogyakarta sudah harus menjadi perhatian pemerintah dari segala tingkat. “Harus mencari solusi untuk menghentikan intoleransi ini. Usut tuntas pelaku, proses hukum harus ditegakkan sampai tuntas.

Baca Juga:  Longsor Susulan, Pencarian Distop

(Tribunnews)