MotoGP : Kepuasan & Keluhan Vale di Hari Perdana

by -3 views

rosyJEREZ – Ada sedikit nada kepuasan dari Valentino Rossi merampungkan dua sesi latihan GP Spanyol di hari pertama. Musababnya ada pada sasis anyar dirasa lebih baik. Namun seperti biasa, Rossi juga masih melayangkan keluh kesahnya, terutama soal kondisi ban.

“Saya mencoba sasis yang berbeda hari ini, terutama untuk meningkatkan stabilitas rem. Kesan pertama saya cukup memuaskan dan ini jadi sedikit langkah maju untuk memahami perkembangan motor,” ungkap pembalap gaek Movistar Yamaha itu.

Tapi ya itu tadi, Vale – sebutan Rossi, masih bergulat dengan problem ban. Apalagi kondisi trek Jerez yang terlampau mulus, membuatnya sering selip atau tergelincir dan membuatnya beberapa kali hampir terjatuh.

“Treknya sangat licin, jadi saya kerepotan dengan ban depan dan belakang pada saat temperatur tinggi. Sulit mengendalikan motor dan saya sering selip,” imbuhnya, sebagaimana dinukil Crash, Sabtu (3/5/2014).

Bicara kecepatan, Vale mengaku sudah mulai menemukan ritme kecepatan motor sesuai harapan. The Doctor ingin terus konsisten di sesi ketiga, kualifikasi dan tentunya sesi balap. Pemilihan ban pun kembali dikatakan jadi faktor kunci.

“Saya cukup cepat dari awal sampai akhir sesi latihan. Tapi masih ada yang harus kami kerjakan karena kondisi trek terlalu mulus dan saya tak mendapatkan daya cengkeram yang maksimal sampai-sampai, saya sering tergelincir,” sambung Vale lagi.

“Pada sesi kedua saya cukup kesulitan dengan ban karena suhu treknya panas, padahal kami sudah mulai menemukan ritme dan kecepatan. Pilihan ban akan jadi hal yang menarik saat balapan, walau saya sendiri belum bisa menentukan opsi ban depan dan belakang,” tuntasnya.

(Okezone)