Gol Indah Ferdinand Warnai Kemenangan Persib

by -5 views

Persib vs Gresik 4-1BANDUNG – Persib Bandung kembali meraih poin sempurna usai mengalahkan Barito Putra 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (10/6/2014). Kemenangan Persib tak lepas dari dwigol Konate Makan masing-masing pada babak pertama dan kedua, serta gol cantik Ferdinand Sinaga.

Meski menang, Persib masih tertahan di posisi tiga klasemen sementara Indonesia Super League (ISL). Persib mengantongi 28 poin hasil dari 14 laga.

Jalannya pertandingan

Tampil di kandang lawan, Barito melayani permainan terbuka Persib di awal-awal laga. Itu terbukti dari peluang yang diciptakan Rizky Rizaldipora pada menit ketiga. Beruntung bagi Persib, bola tendangan Rizky dari luar kotak penalti mampu diamankan kiper I Made Wirawan.

Persib membalas serangan pada menit ketujuh lewat aksi Taufiq. Ia melepas crossing dari sektor kiri pertahanan Barito. Bola terlalu lemah ditangkap kiper Joko Ribowo.

‘Maung Bandung’ kembali menciptakan peluang pada menit kedelapan. Ferdinand Sinaga melepas tembakan di kotak penalti. Tapi kiper Joko Ribowo lagi-lagi jadi penyelamat bagi Barito.

Beberapa peluang diciptakan Persib, terutama melalui sektor kiri pertahanan Barito. Tapi kiper dan pemain bertahan Barito tampil cukup bagus. Sebaliknya, Barito tidak banyak menciptakan peluang.

Menit 28, Supardi menerobos kotak penalti Barito. Lewat aksi individunya, Supardi mampu mengelabui beberapa pemain bertahan Barito. Sayang aksi ciamik Supardi diakhiri dengan sepakan tak terarah.

Kiper Joko Ribowo lagi-lagi jadi penyelamat bagi Barito. Ia mampu menjinakkan bola hasil sundulan Coulibaly Djibril pada menit 33.

Konate Makan sempat memberikan asa bagi Persib lewat sepakannya dari jarak seperempat lapangan pada menit 34. Bola hasil sepakannya melebar.

Menit 40, bobotoh dibuat bersorak menyambut gol yang diciptakan Konate Makan. Pria asal Mali mampu mengeksekusi tendangan penalti yang diberikan wasit setelah Supardi diganjal di kotak penalti.

Dengan dingin, Konate melepas sepakan keras ke arah gawang. Bola sempat membentur mistar bagian atas., tapi akhirnya meluncur deras ke gawang. 1-0 Persib memimpin dan bertahan hingga turun minum.

Usai turun minum, Persib langsung menggebrak meski sudah unggul 1-0 pada babak pertama. Satu gol tambahan diciptakan Konate Makan pada menit 47. Aksi individu Konate yang melewati beberapa pemain Barito dituntaskan dengan sepakan akurat yang menghujam gawang Barito. 2-0 Persib memimpin.

Usai mencetak dua gol, Konate justru ditarik keluar pada menit 53 digantikan Tantan. Dengan raut kecewa, Konate pun terpaksa keluar lapangan. Pada menit yang sama, pelatih Salahudin menarik Lucky Wahyu dan memasukkan Noor Hadi untuk menambah daya gedor.

Masuknya pemain baru seolah membawa berkah tersendiri. Barito mencetak gol pada menit 58 melalui sepakan Amirul Mukminin.

Dengan cerdik, Amirul merangsek ke kotak penalti menyambut sepak pojok yang dieksekusi Dedi Hartono. Bola hasil tendangan first time Amirul bersarang mulus di gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Nama Ferdinand kemudian dielu-elukan bobotoh di stadion setelah ia mencetak gol pada menit 64. Kemelut di kotak penalti Barito mampu dituntaskan Ferdinand dengan tendangan salto. Bola bergulir deras tak mampu dijangkau kiper Joko Ribowo. 3-1 Persib menjauhkan skor.

Beberapa peluang sempat diciptakan kedua tim, salah satunya tendangan Yongki Ariwibowo yang membentur tiang. Tapi tak ada gol tambahan yang tercipta.

Persib pun meraup tiga poin sempurna. Sedangkan Barito dua kali menelan kekalahan dalam lawatannya ke Bandung, yaitu dari Persib dan Pelita Bandung Raya dalam laga sebelumnya.

Susunan pemain
Persib: I Made Wirawan (GK), Supardi, Vladimir Vujovic, Ahmad Jufriyanto, Tony Sucipto, Hariono, Taufiq, Firman Utina (84′ M Agung Pribadi), Konate Makan (53′ Tantan), Coulibaly Djibril (74′ Atep), Ferdinand Sinaga

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Barito Putra: Joko Ribowo (GK), Supriyadi, Abanda Herman, Guntur Ariyadi, Fathul Rahman, Mekan Nasyrou, Amirul Mukminin, Lucky Wahyu (53′ Noor Hadi), Dedi Hartono (82′ Ana Supriatna), Rizky Rizaldipora, James Koko Lomel (77′ Yongki Ariwibowo)

Pelatih: Salahudin

(Okezone)