Bupati Bagi-bagi Insentif Rp 7,3 Miliar untuk Ketua RT/RW Se-Banyuwangi

by -6 views

bupati banyuwangi, Abdullah Azwar AnasPemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan insentif sekitar Rp 7,3 miliar kepada 12.277 Ketua RT/RW se-Kabupaten Banyuwangi. Nilai yang diberikan kepada setiap perangkat pemerintahan terkecil ini setiap tahun adalah Rp 600.000.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap insentif yang diberikan bisa membuat RT/RW lebih optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain memberikan insentif, Abdullah juga merencanakan agenda pertemuan dengan seluruh Ketua RT/RW secara rutin untuk melaporkan kinerja Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi.

“Pertemuan dengan seluruh ketua RT/RW ini merupakan alternatif forum penyampaian pertanggungjawaban publik kepada rakyat. Ini melengkapi berbagai sarana pertanggung-jawaban lainnya seperti melalui media konvensional, media sosial, dan pertemuan dengan stakeholders lain. Tentu saja pertanggungjawaban juga kami sampaikan ke forum resmi melalui legislatif Banyuwangi,” ujarnya, Jumat (4/7/2014).

Dia mengatakan nanti secara bergiliran, forum pertanggungjawaban serupa juga digilir ke kecamatan-kecamatan lain, baik disampaikan secara langsung oleh bupati, wakil bupati, maupun kepala dinas.

Anas mengatakan, pertanggungjawaban publik melalui RT/RW ini adalah bagian dari tata kelola kepemerintahan yang baik yang berprinsip transparan, bertanggung jawab, dan akuntabel.

“Apa-apa yang dikerjakan oleh pemerintah daerah harus transparan, ada pihak yang bertanggung jawab, dan bisa dicek akuntabilitasnya,” ujar Anas.
(kompas.com)