Carlos Slim Selangkah Lagi Kudeta Posisi Orang Terkaya dari Bill Gates

by -2 views

carlosTaipan Meksiko yang juga maestro dalam telekomunikasi, Carlos Slim Helu, berpotensi mengklaim title sebagai orang terkaya di dunia kembali dari pendiri Microsoft Bill Gates. Posisi orang terkaya itu, direbut Gates pada Mei 2013, setelah Slim mempertahankan posisi tersebut selama 2010-2013.

Melansir Forbes, kekayaan bersih Slim diperkirakan mencapai USD78,5 miliar, hanya terpaut tipis dari kekayaan Bill Gates sebesar USD78,9 miliar. Pada periode 1 Juli-11 Juli, kekayaan Slim melonjak dari USD4 miliar hanya dalam 10 hari kerja.

Pasalnya, saham perusahaan telekomunikasi raksasa Slim, América Móvil, meningkat tajam baik di pasar Amerika Serikat maupun dan Meksiko. Saham America Movil melonjak, setelah pengumuman mengejutkan perusahaan tersebut untuk melakukan divestasi beberapa aset, guna mematuhi peraturan antitrust telekomunikasi baru di Meksiko.

Saham perusahaan, yang telah melemah tahun lalu karena tekanan regulasi di Meksiko, melonjak 10 persen di NYSE, sehari setelah pengumuman divestasi tersebut. Keputusan divestasi secara luas dinilai sebagai langkah yang sangat baik.

Pasar melihat bahwa Slim bertekad untuk tetap berada industri telekomunikasi dengan tidak membiarkan regulator pemerintah untuk mendikte bagaimana dan kapan untuk melakukan divestasi.

Aturan tersebut dibuat guna mengurangi kepemilikan dalam pangsa pasar telepon di bawah 50 persen. Saat ini, America Movil menguasai 70 persen pasar ponsel di Meksiko, dan 80 persen sambungan telepon rumah.

Keputusan untuk menjual aset America Movil, yang beroperasi di 26 negara dengan 292 juta pelanggan nirkabel dan 70 juta pelanggan fixed-line, menimbulkan spekulasi mengenai potensi pembelian sahamnya.

Slim mengatakan, dia kemungkinan akan menjual aset untuk pembeli tunggal dan dia akan mengejar ekspansi ke Eropa Tengah dan Timur melalui investasi America Movil di Telekom Austria.

Menurut Meksiko Grupo Financiero Banamex, penjualan aset diharapkan dapat memberikan America Movil dana segar USD7,5 miliar, dan USD3,4 miliar lebih dari penjualan menara ponselnya.

Slim kehilangan posisi nomor satu di daftar miliarder Forbes Dunia 14 bulan lalu, setelah saham America Movil turun tajam, dipicu oleh kekhawatiran bahwa peraturan anti-trust Meksiko akan merugikan kepentingan bisnis.

(okezone)