Israel Tolak Gencatan Senjata dengan Hamas

by -5 views

124792_sidang-dewan-keamanan-pbb-di-new-york--amerika-serikat_663_382Pemerintah Israel menolak segala upaya internasional yang mendesak mereka melakukan gencatan senjata dengan Hamas di Gaza. Hal ini ditegaskan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan disampaikan kembali oleh perwakilan mereka di PBB.

“Kami tidak ingin gencatan senjata. Tujuan kami adalah melucuti infrastruktur roket Hamas,” kata utusan Israel untuk PBB, Ron Prosor, dikutip dari Haaretz, Kamis 10 Juli 2014.

Sebelumnya pernyataan serupa keluar dari mulut Netanyahu di hadapan Komite Pertahanan dan Urusan Luar Negeri Knesset Rabu lalu. Netanyahu menegaskan bahwa gencatan senjata bukanlah agenda untuk saat ini.

Hal ini disampaikannya menjawab pertanyaan soal tujuan dan target Israel, dan apakah Israel telah berbicara dengan negara-negara lain soal gencatan senjata. “Saya tidak berbicara dengan siapa pun soal gencatan senjata. Itu sama sekali tidak ada dalam agenda,” kata Netanyahu.

Sekretaris Jenderal PBB dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan di New York menyatakan khawatir atas nasib warga sipil di Gaza dan Israel. Dia mengatakan, warga sipil kedua negara jadi korban serangan Israel dan Hamas. Ban meminta Hamas menghentikan serangan ke Israel agar negara zionis itu tidak melakukan serangan darat.

Utusan Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengatakan bahwa kekejaman dan serangan Israel terhadap warga sipil Gaza harus segera dihentikan. Mansour menegaskan bahwa Israel telah melakukan kejahatan perang dan teror negara terhadap warga sipil Gaza.

“Penjajahan Israel adalah rasis dan ekspansionis. Israel mengklaim sebagai negara yang paling demokratis di Timur Tengah, tapi menyerang rakyat sipil yang tidak berdosa,” kata Mansour.

Usai pertemuan, ke-15 anggota DK PBB melakukan pertemuan tertutup apakah akan mengeluarkan pernyataan atau tidak.

Sementara itu, diplomat Israel mengatakan, AS berupaya melobi anggota DK, terutama Yordania untuk memastikan mereka tidak mengeluarkan pernyataan yang mengecam serangan ke Gaza. Yordania adalah satu-satuya perwakilan negara Arab di Dewan Keamanan.(viva.co.id)