Tawaran PM Israel untuk Hamas: Damai atau “Pedang”

by -2 views
Foto : REUTERS

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menawarkan para pemimpin Hamas di Gaza antara damai atau “pedang”, yang berarti berperang. Ini disampaikan Netanyahu di tengah upaya diplomatik untuk menghentikan kekerasan di Gaza.

“Tangan kami terbentang untuk perdamaian bagi tetangga yang ingin berdamai dengan kami,” kata Netanyahu Selasa malam waktu setempat, dilansir al-Arabiya. Awalnya, Hamas mengatakan gencatan senjata akan diumumkan Selasa malam, namun gagal karena Israel belum menanggapi proposal yang diajukan.

“Di tangan kami yang lain, memegang dengan kuat pedang Daud untuk melawan mereka yang ingin menyingkirkan kami dari negara ini,” tegas Netanyahu lagi.

Serangan terus dilakukan oleh kedua kubu yang bertikai. Laporan terakhir 130 orang tewas akibat dihantam roket Israel di Gaza. Netanyahu mengatakan, serangan mereka melalui darat dan udara telah banyak menghancurkan gudang senjata Hamas di Gaza.

“Kami telah menghancurkan ribuan roket dan rudal yang mengancam warga Israel, termasuk roket jarak jauh mereka. Kami akan terus menyerang Hamas, Islamic Jihad dan kelompok teror lainnya,” kata Netanyahu.

Upaya diplomatis masih terus dilakukan oleh beberapa negara dalam menciptakan gencatan senjata di Gaza. Menteri Luar Negeri Hillary Clinton yang terbang ke Yerusalem pada Selasa mengatakan bahwa gencatan senjata hanya akan tercipta jika Hamas berhenti menyerang Israel. (ren)

Sumber:viva.co.id