Kisah Kubah Masjid yang Dihanyutkan Tsunami Aceh

by -32 views

kubah masjid terbawa tsunamiTragedi tsunami Aceh meninggalkan banyak jejak yang bisa didatangi wisatawan untuk mengenang kisah pilu itu. Salah satunya adalah sebuah kubah masjid yang dihanyutkan tsunami sejauh 2,5 km di Aceh Besar. Yuk lihat!

Di antara hamparan sawah siapa sangka ada kubah mesjid yang terduduk manis. Ya, Anda akan langsung teringat musibah tsunami yang melanda Serambi Makkah ini.

Salah satu objek wisata peninggalan tsunami yang kini menjadi monumen terletak di Desa Gurah, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Konon sejarahnya kubah mesjid ini hanyut terbawa air sekitar 2,5 Km dari posisi semulanya di Desa Lam Teungoh, Aceh Besar!

Menurut keterangan dari Pak Darmawan, salah seorang warga setempat, di kubah tersebut juga terdapat Al Quran yang di bawa oleh derasnya air tsunami, yang kini telah disimpan di dalam kotak kaca sebagai bukti sejarah tsunami di Aceh.

Nah, selain Museum Tsunami, PLTD Apung dan kapal di atas rumah, Anda juga bisa mengunjungi monumen Kubah Mesjid sebagai referensi destinasi wisata di Aceh. Monumen ini akan menjadi pengingat bahwa bencana hebat pernah terjadi di Aceh.

Hal ini juga sebagai pengingat bahwa kuasa Allah lebih besar daripada makhluk yang diciptakan-Nya. Semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan.
(detik.com)