Lingkar Nagrek Tak Masalah, Rancaekek Masih Belum Rampung

by -2 views

nagrekLingkar Nagrek menjadi salah satu alur ‘horor’ kemacetan setiap musim mudik tiba. Kemacetan di titik ini bisa mencapai berjam-jam lamanya.

Salah satu penyebab kemacetan adalah adanya perlintasan kereta api sebidang pada jalur yang menuju Jawa Tengah via Malangbong. Selain itu kontur jalan yang naik turun dan kepadatan volume kendaraan juga berpengaruh.

“Kalau Nagrek ini relatif bagus. Tadi kita juga sudah simulasikan bersama Pak Wakapolda Jabar. Untuk sarana dan prasarana juga sudah bagus. Tinggal kita lihat volume kendaraan saja nantinya,” ujar Kapolres Kabupaten Bandung AKBP Jamaluddin di Mako Yonif 330, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/7/2014) malam.

Menurut Jamaluddin justru bukan Nagrek yang menjadi masalah tahun ini, tetapi Rancaekek. Di wilayah tersebut tepatnya dari arah Cijapati masih belum rampung pembangunannya.

“Kita sudah bicarakan dengan dinas PU dan Dishub. Target H-7 pokoknya sudah harus selesai,” imbuh Jamaluddin.

Bila jalanan di Rancaekek tersebut masih rusak, dikhawatirkan akan menyebabkan kemacetah hingga pintu tol keluar Cileunyi. Pintu tol tersebut juga menjadi salah satu titik potensi kemacetan karena ada persimpangan yang mengarah ke Sumedang dan ke Nagrek.

Sementara untuk lingkar nagrek sendiri, detikcom mencoba melintasi beberapa kali dan memang kondisi jalan sangat mulus. Hal yang menjadi kendala adalah apabila ada kendaraan besar yang tidak kuat menanjak sehingga kendaraan mati.

“Di Nagrek sendiri titik kemacetan di Limbangan. Kalau sudah macet hingga ekornya sampai Kabupaten Bandung, maka kami akan kordinasikan kepada Polres Garut untuk membuat satu arah saja,” pungkas Jamaluddin. (detik)