Kemen PU Yakin Jalur Mudik Aman, Hanya Jembatan Comal yang Perlu Diperhatikan

by -5 views

jembatan comalKementerian Pekerjaan Umum (PU) yakin jalur mudik sudah siap. Hanya tinggal jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah yang harus diperhatikan.

“Iya, tinggal di situ, jalur nasional, termasuk Kadipaten itu sudah selesai semua. Jadi tahun ini sebetulnya, kesiapan jalur utama untuk lebaran kita sudah lebih siap semua. Tapi kita belum boleh terlalu bersenang-senang ya, artinya, comal itu yang harus diperhatikan,” terang Dirjen Bina Marga Djoko Murdjanto di Jakarta, Senin (21/7/2014).

Menurut dia, salah satu alasannya yakni jalur Comal tidak ada titik alternatif yang memadai.

“Kalau itu ada jembatan, sekilo sebelumnya, itu ada alternatifnya. Nah untuk comal itu tidak ada. Jadi kalo mau muter itu jauh ya. Tapi jalur untuk muter itu aman. Karena jalur alternatif ya harus pelan-pelan, tidak boleh kencang-kencang,” terang dia.

Pihak PU juga sudah melakukan pembatasan untuk kendaraan yang melintas di lokasi. Akan ada percobaan lebih dahulu.

“Ini nanti masuk pertama kali hanya sedan saja, kita liat, kalau sedan oke, berikutnya bus-nya bisa masuk. Kalau bus tidak ada masalah, kita tingkatkan lagi ke yang lain. Jadi kita awasi terus. Kalau ada penurunan ya kita hentikan. Ada tim 24 jam yang mengawasi. Karena perilakunya sangat dinamis. Jadi, 1 jam pertama itu akan beda dengan 1 jam berikutnya,” tegas dia

Lalu bagaimana dengan jalur lain kesiapannya? “110 persen lah ya. Sudah beres semua. Kita tidak bisa berpura-pura, orang-orang mau lewatin situ,” tutupnya.
(detik.com)