Polres Cirebon Kota Ciduk 6 Tersangka Selama Ops Ketupat Lodaya

by -12 views

polres-cirebon-kota-eksposKepala Polres Cirebon Kota, AKBP Dani Kustoni didampingi Kepala Satuan Reserse dan Kriminal, AKP Hidayatullah mengatakan, selama Operasi Ketupat Lodaya 2014, Polres Cirebon Kota berhasil menangkap enam pelaku kejahatan dari empat buah kasus. Kasus itu terdiri dari pencurian dengan kekerasan (curas) sebanyak tiga, dan satu lagi kasus pencurian dengan pemberatan (curat).

“Ada tersangka yang mengaku baru pertama kali beraksi. Padahal kenyataannya dia sudah beberapa kali keluar-masuk penjara,” kata Dani di Mapolres Cirebon Kota, Kamis (14/8).

Kata Dani, selain kasus penjambretan di CSB Mall dengan tersangka Irwanto (44), kasus lainnya adalah jambret di Jalan Raya Cirebon-Indramayu tepatnya di daerah Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jumat (1/8) pukul 19.30. Saat itu, warga bernama Tami berjalan kaki menuju rumah anaknya. Dalam perjalanan, dia berpapasan dengan Subyani alias Kacip dan Jaedin. Kedua pria itu berboncengan sepeda motor.

Tanpa disangka, ternyata Kacip dan Jaedin menjambret kalung emas yang dipakai Tami hingga putus. Tami pun mencoba melakukan perlawanan, dan saat kedua tersangka hendak kabur tertangkap warga.

Kasus curas berikutnya terjadi Kamis (31/7/2014) pukul 21.30 di sebuah minimarket Jalan Kanggraksan, Kota Cirebon. Ada dua tersangka datang ke minimarket berpura-pura hendak belanja. Namun ketika toko sepi, mereka menodongkan pisau ke arah kasir yang sedang menghitung uang. Kedua tersangka pun mengancam kasir agar memasukkan uang tersebut ke kantong tersangka.

Saat hendak kabur, kedua tersangka ditangkap warga. Kemudian keduanya pun diserahkan ke polisi. Dari dua tersangka, petugas menyita barang bukti satu unot sepeda motor E 6590 PD, tas ransel, pisau komando, dan kemeja.

Sementara kasus curat terjadi di sebuah rumah di Jalan Gunung Guntur D XVI No 212, Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (24/7) pukul 20.00. Adalah tersangka Budiyanto yang nekat mencuri di rumah tidak jauh dari rumahnya. Ia datang ke tempat aksi dengan obeng dan sepeda motor.

Begitu tiba, Budiyanto mencongkel jendela rumah korban menggunakan obeng. Ia pun bermaksud mengambil barang-barang dari dalam rumah korban. Sayang, aksinya ketahuan warga sehingga tersangka dibawa ke kantor polisi.

Atas perbuatannya, keenam tersangka mendekam di tahanan Mapolres Cirebon Kota. Mereka terancam hukuman sesuai dengan tindak pidana yang dilakukannya.
(tribunnews.com)