Arab Saudi Tetapkan Wukuf 3 Oktober 2014

by -1 views

hajiPemerintah Arab Saudi telah menetapkan hari wukuf, yang dihitung dari permulaan bulan Dzulhijjah. Hari Wukuf, 9 Dzulhijjah, Jatuh pada Jumat 3 Oktober 2013. Dengan demikian haji tahun 1435 Hijriyah atau 2014 menjadi haji akbar.

“Baru saja kami dapat informasi dari Kepala Pusat Observatorium King Abdul Aziz tentang penetapan 1 Dzulhijah. Bahwa hasil pengamatan tim di Arab Saudi ada beberapa tempat melihat hilal,” kata Kasubdit Pembinaan Syariat dan Hisab Rukyah Kemenag RI, Ahmad Izzuddin, dalam konferensi pers di Kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Rabu (24/9/2014).

“Arab Saudi menetapkan bahwa besok 25 September hari Kamis sudah masuk 1 Dzulhijjah. Sehingga konsekuensinya 9 Dzulhijah jatuh di Hari Jumat,” katanya menambahkan.

Tradisi di Arab Saudi ketika wukuf jatuh di hari Jumat, maka akan terjadi haji akbar. Di mana rakyat Arab Saudi tak ingin ketinggalan melaksanakan ibadah haji. Jumlah jamaah haji pun diprediksi akan membludak. “Ini menjadi tradisi haji Akbar. Haji akbar terakhir pada tahun 2006,” katanya.

(tribunnews)