Kota Bogor Bakal Menerima Bantuan dari DKI Jakarta

by -3 views

small_15Bima_Arya_beritaKota Bogor bersama dengan Kota/Kabupaten lainnya di wilayah Jakarta, Depok, Depok, Tangerang dan Bekasi bakal mendapat kuncuran dana dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, bantuan yang akan yang akan diterima nantinya tidak hanya untuk penanganan banjir, tapi juga untuk penanganan kemacetan lalu lintas.

“Besaran  dana  yang akan diterima sekitar Rp100 miliar, sesuai yang dijanjikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama,  “ kata Usmar seusai membuka kegiatan Forum Konsultasi dan Komunikasi Daerah (Forkonkomda) yang dugelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor, di Gedung Harmoni Jasmin, Kamis (18/9/2014).

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya telah meminta  pemerintah kota Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi untuk menghitung kebutuhan dana untuk melancarkan jalan inpeksi sungai, pengerukan waduk, termasuk penggalian aliran sungai.

“Mereka (kota mitra, red) siapkan saja angkanya mau berapa, nanti dikasih bantuan dari Provinsi DKI. Jangan mereka yang keluar duit,” ujar  Basuki dalam pertemuan dengan Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, Wakil Bupati Bogor Nurhayanti, Walikota Tanggerang Arief R Wismansyah, Walikota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diani, Bupati Tanggerang Ahmad Zaki Iskandar, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Muhdidin Rabu (17/9) malam.

Ia menerangkan, langkah itu diambil lantaran kepentingan Jakarta sebagai ibu kota negara demikian besar. Bencana banjir yang melanda Jakarta selalu berdampak luas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Inilah yang dimaksud Jakarta yang diperluas, bukan wewenangnya tapi tanggungjawab seperti layaknya orangtua yang membantu anak-anaknya,” kata mantan Bupati Belitung Timur ini.

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta berencana akan memberikan bantuan sebesar Rp100 miliar untuk masing-masing kota yang meliputi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. “Dulu bantuan hanya Rp5 miliar, tapi cukup apa uang segitu. Ini kota mitra, yang besar harus bantu yang kecil,” ujar dia.

(bogornews)