Warga Bantul Produksi Deterjen Ramah Lingkungan Hadapi Pasar ASEAN

by -0 views

sabun-ramah-lingkunganWarga Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul siap memproduksi sabun deterjen ramah lingkungan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Deterjen tersebut akan dibuat oleh kelompok-kelompok masyarakat yang ada di desa tersebut.
Lurah Sumbermulyo, Ani Widayani mengatakan, pembuatan deterjen murah dan ramah lingkungan itu mendapat pendampingan dari sebuah perusahaan. Dengan harga bahan baku yang lebih murah, warga dapat memperoleh keuntungan yang cukup lumayan.
“Sumbermulyo siap menghadapi MEA 2015. Ini juga merupakan jawaban kami terhadap kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Engga perlu kebanyakan demo, kita langsung action bikin produk murah,” papar Ani di sela-sela pelantikan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sekaligus peluncuran produk deterjen di Balai Desa Sumbermulyo, Senin (24/11/2014).
Nantinya, deterjen itu akan diberi label SMM yang berarti Sumbermulyo Mandiri. Selain menambah pemasukan bagi warga, upaya ini juga untuk menguatkan potensi ekonomi di Sumbermulyo. (tribunjogja.com)