Daun Kelor, Sayur Lezat Kaya Khasiat Hebat

by -6 views

daun kelorDunia tak selebar daun kelor, itu kata pepatah untuk menggambarkan betapa sempitnya dunia. Namun dalam kenyataan, daun kelor sama sekali tak berhubungan dengan sempitnya dunia. Malah jika Anda mengonsumsi daun berukuran mungil itu, maka makin lebar manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh.

Semuanya disebabkan oleh nutrisi dan mineral seperti antioksidan, asam amino, magnesium dan nutrisi yang terdapat dalam daun kelor hingga bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat dari daun yang nama latinnya moringa oleivera itu seperti dilansir oleh laman Natural News:

Mengatasi reumatik serta nyeri dan linu
Untuk mengobati penyakit tersebut Anda dapat melakukan langkah berikut ini: haluskan 2-3 batang daun kelor, serta campur dengan ½ sendok kapur sirih. Bubuhkan pada bagian otot atau tulang yang sakit dan nyeri, dan diamkan hingga rasa nyerinya hilang.

Biduran
Penyakit gatal dan biduran dapat coba diatasi dengan 1-3 gagang daun kelor, serta 1 siung bawang merah serta adas halus. Rebus semua dengan 3 gelas air, lalu biarkan mendidih hingga air tersisa 2 gelas. Dinginkan dan saring agar terpisah dari ampasnya. Minum pagi dan sore 1 gelas.

Cacingan
Mengatasi penyakit cacingan, gunakan 3 gagang daun kelor, 1 genggam daun cabai, serta 1 batang meniran. Rebus dengan 2 gelas air hingga jadi setengahnya. Dinginkan, saring, lalu minum airnya hingga tandas.

Luka bernanah
Cukup ambil beberapa gagang daun kelor, kemudian haluskan dengan meremasnya. Bubuhkan ke bagian kaki yang luka bernanah. Lakukan hingga luka mengering.

Selain itu sayur daun kelor juga bermanfaat melancarkan ASI ibu hingga bayi tak kekurangan susu dan nutrisi. Selamat mencoba.

(sidomi)