5 Makanan Khas Bogor Yang Wajib Kamu Coba

by -74 views

Makanan khas Bogor emang lebih banyak terpengaruh sama makanan Sunda. Karena sebagian masyarakat yang tinggal di Bogor yaitu masyarakat Sunda. Tapi gak ada salahnya kan kamu mencoba makanan tersebut jika berlibur ke Bogor. Nah Berikut ini BonjourBag.com mengulas tentang 5 Makanan Khas Bogor yang wajib kamu coba.

 

Roti Unyil

roti-unyil

Roti Unyil, kalau kita mendengar sekilas tentang nama tersebut memang cukup unik ya. Mungkin orang yang mencetuskan nama tersebut dapet inspirasi dari tokoh Unyil yang sering kita lihat di TV 😛 Roti ini punya bentuk yang kecil, jadi emang kelihatan lebih spesial karena cukup beda sama roti-roti pada umumnya. Alasan diberikan nama Unyil, Karena roti ini memiliki bentuk yang kecil dan hanya perlu satu suap saja untuk di makan. Rasa lezat dan bentuknya yang unik membuat roti ini paling terkenal dan digemari banyak masyarakat loh 🙂

Mie Glosor

mie-glosor

Mie Glosor biasa dijadiin buat menu berbuka puasa untuk umat Muslim di kota Bogor. Mie ini biasa disajikan sama sambal kacang dan dilengkapi dengan kerupuk mie dan gorengan. Ciri khas dari mie glosor yaitu mienya berwarna kuning keemasan karena menggunakan bahan dasar dari tepung singkong dan kunyit sebagai campurannya. hmm Yummy! 😀

Gepuk Karuhun

gepuk-karuhun

Dilihat dari namanya, gepuk karuhun memang cukup unik tetapi memiliki arti yang bagus. Karuhun berarti leluhur, jadi makanan gepuk karuhun ini merupakan makanan yang sudah turun temurun. Gepuk karuhun sering disebut empal namun perbedaannya terletak pada pengolahannya.

Toge Goreng

toge-goreng

Melihat dari namanya, makanan khas Bogor yang satu ini kaya jenis makanan yang digoreng. Padahal sebenarnya gak digoreng sama sekali loh, melainkan direbus tetapi menggunakan wajan dan serok. Kemudian cara merebusnya, toge ditaruh diatas serok dan direbus dengan sedikit air. Selain toge, bahan dasar lain dari makanan yang satu ini yaitu mie kuning, ketupat dan tahu goreng.

Asinan Bogor

asinan-bogor

Makanan khas Bogor yang satu ini udah terkenal banget dibanding jenis makanan khas yang lain. Proses pembuatannya yaitu diasinkan dengan garam atau dengan diasamkan menggunakan cuka. Rasa dari makanan khas Bogor yang satu ini punya ciri khusus yaitu rasanya pedas namun juga ada asamnya. Pada bulan puasa makanan ini sangat laris karena sering digunakan sebagai menu buka puasa. (bonjurbag.com)