7 Obat Batuk Buatan Sendiri yang Manjur dan Aman

by -6 views

obat-batukBatuk adalah penyakit yang umum dijumpai saat musim hujan. Walau demikian, penyakit ini tak bisa dibilang enteng karena sangat mengganggu aktivitas. Jika terlalu lama dibiarkan, dada akan terasa nyeri dan kadang membuat otot perut menjadi sakit akibat tekanan.

Beberapa bahan alami yang ada di rumah berikut ini bisa Anda gunakan untuk membuat obat batuk yang ampuh dan aman tanpa efek samping. Tak harus selalu mengonsumsi obat kimia buatan pabrik bukan, untuk menyembuhkan penyakit. Anda boleh mencoba keampuhan obat batuk alami berikut ini seperti dilansir oleh laman Boldsky:

Minyak kelapa, madu, lemon

Ketiga bahan tersebut sangat biasa dijumpai di dapur rumah. Walau demikian jika digabungkan ketiganya adalah obat batuk yang sangat efektif lho. Perbandingan 1:1, 1 sendok minyak kelapa, 1 sendok madu, dan 1 sendok air lemon campurkan, lalu minum saat batuk sedang menyerang Anda.

Bawang merah bawang putih

Ambil 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, lalu kupas dan rajang halus. Siram dengan air hangat, diamkan sejenak, lalu minum airnya. Bila ingin Anda boleh menambahkan 1 sendok madu.

Gula merah dan jahe

2 jempol jahe bersihkan, kupas lalu iris kecil. 1 potong gula merah rebus dalam 1 gelas air, lalu masukkan jahe dan biarkan hangat. Minum saat masih hangat.

Merica, minyak zaitun

Minyak zaitun yang sering digunakan untuk menumis, panaskan sebentar bersama dengan merica bubuk. Untuk mengonsumsinya Anda hanya perlu menambahkan madu. Saat batuk menyerang minum satu sendok campuran tersebut.

Teh herbal dan madu

Teh herbal merupakan cara enak untuk meredakan batuk. Anda cukup menyeduh dengan air panas, lalu tambahkan madu saat hendak meminumnya. Anda boleh menambahkan perasan lemon untuk khasiat yang lebih ampuh.

Jeruk nipis

Air jeruk nipis hangat pun membantu menghilangkan virus penyebab batuk di tenggorokan , lho. Cukup tambahkan perasan air jeruk di dalam segelas air hangat, dan minum. Rutin sehari 2 kali saja tenggorokan Anda bisa lebih merasa lega.

Air garam dan jeruk nipis

Iya, Anda bisa mencoba menambahkan seujung sendok garam halus serta perasan jeruk nipis pada air hangat. Lalu minum perlahan-lahan untuk redakan tenggorokan yang gatal.

Selamat mencoba.

(Sidomi)