Peluk dan Sentuh Bayi Anda Lebih Sering, Manfaatnya Tak Ternilai

by -1 views

hamilSentuhan dan pijatan sangat baik untuk bayi. Sedari dini, sentuhan dapat diberikan langsung oleh ibu lewat stimulasi sensorik yang berasal dari dalam kandungan.

Tahukah Anda, bahwa ketika menyentuh perut ibu hamil, bayi akan dapat merasakannya langsung? Pasalnya kulit dan otak sang bayi berasal dari lapisan embrio yang sama. Hal ini dijelaskan lewat fakta yang dipaparkan di acara jumpa pers Johnson’s yang berlangsung di The Hall, Senayan City, Jakarta (26/2/2015).

Dalam waktu 25 hingga 120 menit, kontak langsung antara ibu dan bayi yang baru lahir dapat memberi dampak positif terhadap interaksi bayi dengan sang ibu, untuk satu tahun setelahnya. Bayi yang mendapatkan sentuhan dan pijatan secara rutin, 50 persen berkemungkinan besar melakukan kontak mata dan tiga kali lebih besar berekspresi positif ketimbang bayi yang jarang mendapatkan stimulasi sentuhan.

Selain itu, penelitian menunjukan bahwa sentuhan dan pijatan rutin memberikan banyak manfaat pada bayi; diantaranya; mengembangkan kepercayaan diri, mengembangkan kemampuan berempati, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan sistem imun, serta memperbaiki sistem pencernaan bayi.

Mulai sekarang peluklah dan sentuh bayi Anda sesering mungkin!

(Kompas)