Aksi Massa di Timika Bakar Bendera Merah Putih

by -6 views

papuaAksi massa yang terjadi di daerah Gorong-Gorong, Timika, Papua, membuat pos pengamanan Brimob serta sebuah Bendera Merah Putih ikut dibakar. Kejadian ini buntut dari tertembaknya dua orang warga oleh aparat kepolisian.

Pihak kepolisian menurunkan satu satuan setingkat kompi (SSK) pasukan Detasemen B Pelopor Brimob Polda Papua untuk mengatasi aksi warga yang semakin brutal tersebut.

Pantauan Okezone, suasana panas di lokasi bahkan memaksa pasukan Brimob melepaskan gas air mata serta tembakan peringatan berulang kali ke arah warga, namun hal itu juga tidak dihiraukan.

Situasi bahkan semakin memanas, saat warga yang menjadi korban pembakaran melakukan perlawanan menggunakan senjata tajam terhadap massa yang menjadi korban penembakan aparat.

Kepala Detasemen (Kaden) B Pelopor Brimob Polda Papua, Kompol Iga DP Nugraha mengatakan, pihaknya sudah berusaha untuk mengambil tindakan persuasif namun tidak dihiraukan massa.

“Lihat saja sendiri seperti apa aksi mereka tadi. Kita sudah berupaya sebaik mungkin, bahkan berusaha tidak mengeluarkan tembakan, tapi mereka keterlaluan. Pos kita dibakar, bendera juga,” kata Kaden Iga kepada Okezone, Senin (28/09/2015).

Kaden menambahkan, jika pihaknya tidak bertindak, maka kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, malah bisa menimbulkan jatuhnya korban lain.

“Kita tidak bisa biarkan, dengan terpaksa kita ambil tindakan tegas. Kalau tidak begitu bisa saja tambah banyak korban kalau masyarakat yang dibakar tempatnya menyerang mereka,” tuturnya.

Beruntung, personil Brimob dibantu TNI berhasil menguasai dan mengendalikan situasi di lokasi kejadian. Bahkan pihak pemadam kebakaran sudah dapat masuk ke lokasi untuk memadamkan api, sebelumnya, massa yang brutal melarang petugas pemadam kebakaran masuk ke lokasi kejadian.

(Okezone)