PERBAIKAN SETENGAH HATI DUA JPO?

by -26 views

BOGOR bogor– Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor memperbaiki dua Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di dua titik berbeda. Pertama di Jalan Kapten Muslihat tepatnya depan Stasiun Bogor dan kedua Jalan Pajajaran dekat Tugu Kujang. Selain untuk menyeimbangkan kebutuhan masyarakat, renovasi tersebut pun untuk mendukung kenyamanan masyarakat dalam menyeberang jalan. Namun pembangunan itu tidak berdampak manis bagi sebagian pengguna jalan. Buktinya, seorang pengguna jembatan di Baranangsiang, Andri (25), mengeluhkan perbaikan tersebut. Selain tidak bisa dilalui, ia juga mempertanyakan kenapa di bagian tengah jembatan tidak ikut diperbaiki. Sebab, di bagian itu banyak lubang yang tentu bisa membahayakan penyeberang jalan. “Yang di atas nggak diperbaiki, masa pekerjaannya setengah-setengah? Kapan beresnya kalau begitu? ”tanyanya.
Terpisah, Kepala Seksi Teknik Sarana dan Prasarana Lalu Lintas DLLAJ Kota Bogor Muhamad Soleh mengatakan, dalam perbaikan JPO, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memagu anggaran sebesar Rp1.884 miliar. Namun dari hasil lelang diperoleh pengusaha yang berani menawar seharga Rp1.084 miliar.
Dalam perbaikan JPO di Stasiun Bogor, kata Soleh, rencananya ditambah seperti kaki jembatan untuk pelandaian, akses masuk langsung ke stasiun dan penataan pedestrian. Sedangkan perbaikan JPO di Baranangsiang, semua tangga akan dibongkar yang nantinya menggunakan ACP dan lantai tangga yang dicor dengan ketebalan hingga 8 cm menggunakan wermes.
Agar sesuai dengan penataan kota, kata Soleh, maka JPO akan dilengkapi berbagai ornamen untuk menambah kenyamanan, baik dari fisik bangunan maupun pandangan. ”Nantinya cat akan diganti merah, orange dan biru. Sebanyak 65 persen akan diubah,” katanya. (metropolitan.id)