Pesawat Thor Australia Mulai Atasi Kabut Asap di Sumatera Selatan

by -11 views

pesawatDepartemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia mengirimkan dua pesawat tanker jenis Thor ke Indonesia untuk membantu memadamkan kabut asap di Sumatera Selatan. Pesawat ini mampu mengangkut 15.000 liter air sekali terbang dalam aksi memadamkan titik api.
Tiba di Palembang pada Rabu (14/10/2015), dua pesawat jenis Tanker Air Lockheed L100 atau Thor dikirim Australia untuk membantu memadamkan sejumlah titik api di provinsi seluas 91.500 km persegi ini. Pada hari yang sama, pesawat pemadam itu langsung dioperasikan.

Keduanya diperbantukan bersamaan dengan pesawat pemandu jenis Turbo Commander 690B dan 7 orang dari Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales (NSW) dan satu orang dari Manajemen Tanggap Darurat negara bagian Victoria.
“Kepala misi bantuan Australia ini adalah Ben Millington dari tim pemadam NSW yang nantinya berkoordinasi langsung dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana),” jelas Laura Kemp, Atase Pers Kedutaan Besar Australia Jakarta, ketika dihubungi Australia Plus.
Laura mengatakan, tim pemadam ini beroperasi dari Palembang dan bekerja selama seminggu.
“Mereka berpusat di Palembang hanya untuk pekan ini dan lalu kami akan mengevaluasi misinya,” terang diplomat perempuan ini.

Ia menambahkan, “Pesawat Thor mampu mengangkut 15.000 liter air yang bisa digunakan untuk memadamkan titik api yang telah dipetakan.”

pesawat 2
Sebelum dikirim ke Indonesia, pesawat jenis ini biasa digunakan untuk memadamkan kebakaran semak di NSW.
Dalam siaran persnya, DFAT Australia mengumumkan telah mengirim tim pemadam kebakaran ke Indonesia pada Selasa (13/10/2015).

(Tribunnews)