Dinkes Depok Beri Pendampingan Kependerita HIV/AIDS

by -6 views

statistik-hiv-aids-di-indonesia-_141202164159-120

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan memberi pendampingan ke penderita HIV/AIDS.

“Bagi warga Depok yang positif terinfeksi virus HIV/ AIDS akan langsung mendapatkan penanganan dari Dinkes Pemkot Depok,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Pemkot Depok, Agus Gojali, di Depok, Sabtu (7/11).

Beberapa waktu lalu, Paguyuban Terminal (Panter) Depok bekerjasama dengan Komunitas Aksi Kemanusiaan Indonesia (KAKI) Foundation dan Dinkes Pemkot Depok melaksanakan pemeriksaan HIV/AIDS gratis untuk umum.

Dari 60 peserta yang melakukan pemeriksaan, ditemukan satu orang positif mengidap HIV/AIDS. Pasien tersebut segera mendapat penanganan dari Dinkes Pemkot Depok berupa dukungan dan pendampinganan, serta juga melakukan pemeriksaan Cd4.

“Tujuan Pemeriksaan Cd4 adalah untuk menunjukkan seberapa kuat sistem kekebalan tubuh, menunjukkan tahap infeksi HIV, memandu pengobatan dan memprediksi perkembangan penyakit. Menjaga nilai Cd4 yang tinggi, dapat mengurangi komplikasi penyakit HIV dan memperpanjang hidup penderita,” jelas Agus.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan sosialisasi terkait HIV/AIDS ke daerah di mana pasien tinggal. “Tetap hak pasien sangatlah kita hargai, kerahasiaan pasienpun harus kita jaga,” tutur Agus.

Diharapkan Agus, penderita yang mengidap virus yang belum ada obatnya itu agar tidak putus asa dan terus melanjutkan hidup sebagaimana manusia normal pada umumnya.
(Republika)