Menikmati Keindahan Purwakarta dari Gunung Bongkok

by -29 views

Mampir ke Purwakarta tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Gunung Bongkok. Gunung Bongkok merupakan gunung batu yang terletak di Desa Cikandang, Purwakarta. Dengan ketinggian 975 mdpl, Gunung Bongkok sangat cocok bagi pendaki pemula.

Dalam perjalanan yang ke Gunung Bongkok, kami menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah. Melalui dua puncak Gunung Bongkok, Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar. Anda bisa dinikmati pemandangan keindahan waduk Jatiluhur dan Gunung Parang yang berada sejajar dengan Gunung Bongkok.

Selain itu juga bisa melihat wilayah di sekitar Purwakarta. Sayangnya, Puncak Batu Tumpuk hanya dapat menampung 30 orang. Untuk itu, pastikan Anda berhati-hati.

Meski hanya memiliki ketinggian 975 mdpl, Gunung Bongkok memiliki jalur pendakian yang cukup terjal. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Gunung Bongkok dikelola secara resmi dan terdapat tali yang bisa membantu dalam melakukan pendakian.

Pastikan juga Anda mendaki di waktu yang tepat. Umumnya, wisatawan akan datang pada Sabtu sore atau malam dan berkemah di pos Munclu. Sementara itu, pendakian akan dilakukan pagi hari.

Jika tidak membawa tenda, pengelola menyediakan dua saung di atas dan di bawah pohon.  Dapat Anda sewa dengan harga Rp10 ribu. Sebaiknya, melakukan pendakian di hari-hari kerja. Sebab, saat hari libur jumlah pendaki sangat banyak, sehingga tidak ada tempat untuk mendirikan tenda.

Uniknya, warga setempat siap menjadi porter atau pemandu selama berwisata. Bahkan, mereka juga akan menyediakan makanan dengan menu ikan atau ayam bakar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memesan perbekalan oleh warga sekitar.

Gunung Bongkok dapat ditempuh dengan waktu 1 hingga 1,5 jam. Ada beberapa titik yang perlu diwaspadai, yaitu di tanjakan 700 mdpl, tanjakan 800 mdpl dan tanjakan 950 mdpl. Dan jika hujan, jalur pendakian tersebut sangat licin.

Untuk akses menuju Gunung Bongkok, Anda dapat menggunakan kereta dari Stasiun Jakarta Kota menuju Purwakarta. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Plered dengan menggunakan angkutan umum dua kali.

Dari Plered, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Cikandang dengan menggunakan angkutan umum. Selanjutnya, untuk menuju pos Munclu, Anda dapat berjalan kaki kurang lebih 15 sampai 30 menit.

(Sindonews)