Foto Palsu, PM India Jadi Bulan-Bulanan Netizen

by -17 views

pmPerdana Menteri India Narendra Modi sedang menjadi bulan-bulanan netizen di media sosial. Ia menjadi obyek meme, setelah foto resminya meninjau banjir Chennai dari helikopter ternyata palsu.

Dilansir Aljazirah, sebuah foto resmi diterbitkan pejabat Biro Informasi Pers (PIB) India pada Jumat (4/12). Foto menunjukkan Modi sedang mengintip ke jendela helikopternya dan tampak di jendelanya jalan-jalan kota Chennai, ibukota Tamil Nadu, yang banjir. Namun ternyata netizen menyadari foto tersebut merupakan hasil rekayasa.

Para pengguna sosial media di India pun tak pelak membicarakan hal itu dan menuduh PIB merekayasa foto. Menanggapi hal itu PIB segera mengganti foto dengan yang asli. Hasilnya foto memang tidak sedramtis foto pertama. Dalam foto tersebut Modi hanya melihat lahan pertanian yang banjir. PIB menyatakan menyesal atas ketidaknyamanan tersebut.

Alhasil, foto Modi meninjau banjir pun kini jadi obyek meme dan beredar di media sosial. Salah satu foto menunjukkan Modi sedang melihat ke jendela dan mendapati pesawat Rusia yang ditembak Turki. Meme lain menampakkan Modi sedang menatap jendela helikopter yang berubah jadi mesin cuci pakaian. Bahkan, ada yang memperlihatkan Modi sedang melihat dinosaurus.

(Republika)