Kebakaran di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Cibuntu Bogor

by -109 views
kebakaran pondok pesantren di bogor

Sebuah pondok pesantres (ponpes) di Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor terbakar, Jumat (5/2/2021) malam. Api pertama kali muncul dari kamar salah satu santri.

Berdasarkan informasi yang kami himpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 20.30 di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Kampung Cibuntu Kaum, RT.06/01, Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Pimpinan Ponpes Raudlatul Ulum, Abdul Muis membenarkan, pertama kali muncul api terlihat dari salah satu kamar santri. Beruntung, kamar tersebut dalam keadaan kosong.

Santri memang lagi keluar semua. Pondok kosong, kemungkinan ada korsleting listrik,” ujar Abdul Muis.

Baca Juga:  Pendeta Kontroversial AS Sebut 'Innocence of Muslims' Tak Menghina Islam

Ia menduga, ada korsleting listrik dari salah satu kamar yang terkunci. Api kemudian merambat ke ruang lain dan membakar seisi pesantren.

Meski sempat terbakar cukup hebat, tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Sebab saat kebakaran terjadi, hanya ada tiga santri yang sedang mengaji agak jauh dari lokasi kebakaran.

Di pondok memang sepi. Ada santri lagi ngaji tiga orang,” ungkapnya.

Kepala Desa Cibuntu Ahmad Yani mengatakan, bahwa kebakaran akibat ada arus pendek, api muncul dikamar depan menurut keterangan warga sebelah. “Jadi api cepat merambat karena memang alas lantai terbuat dari papan kayu,” tuturnya.

Baca Juga:  Ulama dan Pemerintah Se-Wilayah III Cirebon Gelar Silaturrahim di Indramayu
pemadam kebakaran
Team DAMKAR sedang memadamkan api yang berkobar di pondok pesantren

Komandan Regu 1 Pemadam Kebakaran Sektor Ciomas Saeful Bachri mengatakan kebakaran itu terjadi pukul 20.30 WIB. Api diduga muncul karena korsleting listrik dari salah satu ruangan.

Petugas yang mendapat laporan dari warga langsung menuju lokasi kebakaran di pesantren untuk memadamkan kobaran api.

Sekitar enam mobil pemadam yang turun dari sektor Ciomas, Ciawi, Leuwiliang, Parung, Cibinong dan dari Sektor Yasmin, Kota Bogor.

Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam setelah petugas datang.