Ridwan Kamil Siap Maju Capres di Pilpres 2024, Ini Kriteria Wakilnya

by -13 views
ridwan kamil Pilpres 2024

(JABARMEDIA) Bandung – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, blak-blakan menyatakan kesiapan maju di Pilpres 2024. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan akan menerima dukungan dari pihak manapun. Dia juga mengaku sudah bertemu dengan pimpinan semua partai politik.

Meski demikian sampai saat ini belum ada bahasan tentang Pilpres 2024. Nantinya jika dicalonkan maju di Pilpres 2024, Ridwan Kamil akan menerima dukungan dari siapapun.

Mudah-mudahan, siapa pun yang mendukung tidak boleh ditolak, asal dukungannya baik, saling menguatkan, pastilah itu sebuah kerja sama politik yang kita tunggu,” kata Kang Emil di acara Workshop DPP PAN di Bali, Selasa (5/10/2021), seperti dilansir Detik.com.

Baca Juga:  Selangor ke Final, Andik Ingin Harumkan Indonesia

Meski Pilpres 2024 masih jauh, Ridwan Kamil mengaku sudah memiliki kriteria tentang pendampingnya jika nantinya maju sebagai capres. Dia berharap orang yang mendampinginya berasal dari generasi yang sama.

Masih enggak bisa ditentukan sekarang. Tapi ya apapun saya doakan datang dari generasi saya. Saya mendukung, siapa pun yang menang kita dukung. Tapi sebagai solidaritas generasi, saya mendoakan agar ada perwakilan generasi saya yang memimpin bangsa ini di periode berikutnya.” kata Kang Emil.

Sebagai informasi, Ridwan Kamil, menang dalam Pilgub Jawa Barat 2018 setelah diusung empat partai besar, yaitu PPP, PKB, Nasdem, dan Hanura. Meski demikian, ia bukanlah kader dari empat parpol tersebut.

Baca Juga:  Ini sejumlah program yang membuat Bandung meraih Adipura

Dikabarkan Ridwan Kamil merupakan salah satu tokoh potensial untuk maju sebagai capres maupun cawapres di 2024. Hal ini, salah satunya dikarenakan ia memiliki elektabilitas yang cukup baik.

Di sejumlah lembaga survei, ia nyaris selalu masuk 10 besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi. Bahkan beberapa di antaranya masuk lima besar.

Berjodoh dengan siapa, partai mana saya kira nanti ada proses-proses di waktu yang baik,” kata Ridwan Kamil.

Ia mengaku kemungkinan statusnya sebagai kader partai bakal sudah ia sandang sebelum masa jabatannya sebagai Gubernur Jabar berakhir pada 2023 nanti.

disalin Kasdi Warso