11 Wisata Dago Bandung Yang Wajib Dikunjungi, Viral Dan Mudah Diakses

by -693 views

JABARMEDIA.COM, BANDUNG – Wisata Dago selalu menjadi destinasi favorit di Bandung. Ada sebelas rekomendasi tempat wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi. Dago Bandung terletak di kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat. Wisata ini merupakan kawasan wisata yang cukup ikonik di Bandung.

Wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi antara lain Curug Dago, Puncak Ciumbuleuit, Dago Dreampark, Tebing Keraton, Dago Pakar, Taman Hutan Raya Juanda, Bukit Bintang, Amazing Art World, Dago Tea House, Paviliun Burung dan Bromelia, dan Kebun Binatang Bandung.

Kawasan wisata Dago terkenal dengan kesejukannya. Cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat, sahabat, saudara, hingga pasangan. Liburan akhir pekan dan liburan panjang menjadi lebih berkesan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Dago Bandung.

Berikut jabarmedia mengutip liputan6 mengulas sebelas wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi, Kamis (13/10/2022).

1. Air Terjun Dago

Curug Dago adalah tempat wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi. Lokasinya di Jl. Dago Corner, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik Curug Dago adalah prasasti dari kerajaan Thailand. Di kawasan ini terdapat dua prasasti yang menandai kedatangan dua raja dari Thailand pada tahun 1902 silam.

2. Puncak Ciumbuleuit

Lokasi wisata ini juga dikenal dengan nama Punclut. Wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini terletak tidak jauh dari pusat kota. Wisatawan bisa melihat keindahan gemerlap kota Bandung di malam hari dari ketinggian. Di sini pun wisatawan tidak perlu repot mencari tempat makan, ada segudang kuliner sunda yang bisa dicoba.

3. Taman DreamPark

Dago Dreampark merupakan tempat wisata dengan nuansa alam yang indah. Di sekitar wisata Dago ini banyak terdapat pohon pinus yang lebat. Wisatawan juga bisa menikmati suara derasnya aliran sungai. Membuat siapapun yang datang, merasa nyaman saat berkunjung.

Taman Dago dilengkapi dengan wahana dan bisa dikunjungi hingga malam hari. Kawasan wisata yang memiliki luas 11,6 hektar ini menawarkan pemandangan Lembang Bandung yang sejuk dan asri.

Lokasi wisata Dago ini terletak di Jalan Dago Giri Km 22, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung. Ini termasuk wisata malam Bandung yang cukup populer.

4. Tebing Keraton

Jika Anda ingin melihat sisi lain kota Bandung, kunjungi lokasi wisata ini. Lokasi wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini berada di Taman Hutan Raya. Tepatnya di kawasan Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat. Wisatawan disarankan untuk berkunjung pada pagi hari untuk dapat melihat indahnya pemandangan matahari terbit.

5. Dago Pakar

Dago Pakar merupakan lokasi wisata Dago Bandung yang terletak di Desa Cibural, Kecamatan Cicadas, Bandung. Ini adalah kawasan hutan lindung yang menjadi paru-paru kota Bandung. Di sini, ditumbuhi pohon pinus, pohon bambu, dan tanaman lainnya. Selain panorama alam yang menyejukkan, di kawasan ini terdapat gua-gua bersejarah Belanda dan Jepang. Pesona alam lain yang tidak kalah menarik dari wisata Dago Bandung ini adalah terdapat dua air terjun atau air terjun yaitu Curug Omas dan Curug Dago. Di Dago Pakar juga terdapat museum yang menjelaskan sejarah perkembangan Dago Pakar.

6. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung. Wisata alam ini berada di ketinggian sekitar 800 hingga 1.350 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini sangat ideal untuk bersantai dan menikmati alam. Saat memasuki kawasan wisata ini, wisatawan akan disambut dengan berbagi flora dan fauna khas di sana. Pengunjung juga bisa merasakan kesegaran dari ketiga air terjun yang ada di sana.

7. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan kawasan wisata Dago Bandung yang menawarkan suasana malam romantis dari ketinggian Bandung. Lokasinya sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan orang tersayang.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Bandung di malam hari dengan semilir angin sejuk ditemani jagung bakar dan minuman hangat. Di sini, wisatawan bisa melihat gemerlap lampu kota Bandung dari ketinggian seperti hamparan bintang yang indah.

8. Amazing Art World

Dunia seni yang menakjubkan menghadirkan banyak lukisan keren yang akan membuat imajinasi pengunjung ikut bermain. Lukisan di Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini memiliki konsep 3D, 4D, dan 5D.

Lukisan di tempat wisata Dago Bandung ini dibuat seolah-olah hidup dan keluar. Lukisannya sendiri juga cukup beragam, seperti Korea, China, dan Filipina. Jadi, jangan khawatir karena pengunjung tidak akan bosan menjelajahi tempat wisata ini.

9. Dago Tea House

Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat minum teh yang dikenal dengan nama Dago Thee Huis. Sekarang tempat ini diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di taman budaya ini sebagai tempat wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi, berbagai pertunjukan seni dan budaya Sunda sering diadakan.

10. Bird and Bromelia Pavilion

Paviliun Burung dan Bromelia terletak di Jalan Utama No. Akaza. 9 Dago Giri Bandung. Ini adalah wisata edukasi tentang burung dan tumbuhan di Bandung. Ada burung nuri, macaw, nuri, burung hantu, lovebird dan berbagai jenis burung lainnya. Wisatawan dapat berinteraksi dan memberi makan burung.

Di tempat wisata Dago ini juga terdapat berbagai macam tumbuhan langka. Jika Anda tertarik untuk berkunjung, destinasi yang satu ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore setiap harinya.

11. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung memiliki lokasi yang sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Sebelum dikenal dengan namanya saat ini, tempat wisata ini bernama Derenten yang artinya kebun binatang.

Di sini, ada sekitar 213 koleksi hewan. Dimana 79 satwa tersebut tergolong satwa yang dilindungi dan sisanya merupakan satwa yang tidak dilindungi dan banyak yang berasal dari luar negeri. Tertarik untuk mengunjunginya?

(liputan6/Haikal)