Kemendikbud Resmikan Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional Maret 2024

by -56 views

JABARMEDIA.COM – Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sedang mempersiapkan peluncuran pengesahan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional. Pengembang Ahli Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud Ristek, Taufiq Damardjati, menargetkan peluncuran ini akan dilaksanakan pada bulan Maret 2024.

“Diharapkan Kurikulum Merdeka akan segera diresmikan sebagai kurikulum nasional pada bulan Maret ini,” ujar Taufiq di The Langham Hotel, Jakarta Selatan, pada hari Selasa (27/2/2024). Awalnya, peluncuran Kurikulum Merdeka direncanakan pada bulan Februari 2024. Namun, karena masih ada banyak masukan yang diperlukan dari masyarakat, maka jadwal peluncuran tersebut harus ditunda.

“Kami masih meminta masukan dari berbagai pihak mengenai implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga peluncurannya sedikit terhambat,” tambah Taufiq. Selain itu, untuk melaksanakan pengesahan tersebut, Kami juga perlu mendapatkan persetujuan dari presiden terlebih dahulu.

Proses pengesahan Kurikulum Merdeka ini memerlukan waktu lebih lama karena implikasinya bersifat nasional. “Regulasi untuk Kurikulum Merdeka berbeda dengan regulasi-regulasi Kemendikbud lainnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih panjang,” jelas Taufiq.

Baca Juga:  Batas Akhir Pemindaian Jawaban UN Tanggal 3 Mei

Meskipun masih banyak guru yang belum menggunakan Kurikulum Merdeka saat ini, tetapi mereka akan diberikan waktu untuk menyesuaikan. Kemendikbud tetap optimis bahwa Kurikulum Merdeka akan dapat disahkan sebagai kurikulum nasional. “Kami tetap yakin bahwa Kurikulum Merdeka akan segera menjadi kurikulum resmi di Indonesia,” tegas Taufiq.

Dengan adanya Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional, diharapkan pendidikan di Indonesia akan semakin berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dan kemajuan bangsa. Tetaplah pantau informasi terbaru dari Kemendikbud Ristek untuk perkembangan terkini terkait Kurikulum Merdeka dan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Tanah Air.

(Kompas/idram)