ITB, UI, dan UGM Masuk 100 Universitas Ternama

by -5 views

JAKARTA– Tiga kampus terkemuka di Indonesia masuk 100 besar universitas ternama di Asia.Ketiga kampus itu adalah Institut Teknologi Bandung (ITB, peringkat ke-13),Universitas Indonesia (UI, 37), dan Universitas Gadjah Mada (UGM,69).

Bahkan ITB berada pada peringkat ke-82 dari 200 universitas ternama di dunia. Berdasarkan penilaian 4 International Colleges and Universities (www.4icu.org) atau yang dikenal dengan World Universities WebRanking,Universitas di Amerika Serikat (AS) terlihat paling banyak menguasai. Penilaian didasarkan pada algoritma termasuk tiga metrik web objektif dan independen yang diekstrak dari tiga mesin pencari yang berbeda, yakni Google Pagerank,Alexa Traffic Rank, serta Majestic SEO Referring Domains.

Data dan informasi ditambahkan atau diperbarui setiap bulan. Khusus untuk penilaian kali ini, data diperbarui tiap enam bulan, pada Januari dan Juli. Tujuan dari pemeringkatan ini untuk memberikan perkiraanperingkatpopularitasuniversitas di dunia berdasarkan situs mereka. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dan staf akademik memahami seberapa populer universitas yang spesifik di negara asing.

”Kami tidak mengklaim, dengan cara apa pun, untuk memberikan peringkat terhadap organisasi atau program mereka, dengan kualitas pendidikan atau tingkat layanan yang diberikan. The 4icu.org bukan peringkat akademik dan tidak dapat diterapkan sebagai kriteria utama untuk memilih sebuah organisasi pendidikan tinggi untuk belajar,” ungkap pernyataan situs www.4icu.org. Peringkat itu telah dipublikasikan sejak Mei 2005. Sejak itu pula metodologi peringkat berkala telah digunakan untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Para peserta The 4icu.org adalah semua organisasi pendidikan di seluruh dunia yang memenuhi syarat yang mereka ajukan, yakni organisasi pendidikan harus resmi diakui, lisensi, atau diakreditasi oleh badan-badan nasional atau regional seperti kementerian pendidikan atau organisasi pendidikan tinggi. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso sangat bangga dengan prestasi ITB, UI,dan UGM masuk jajaran kampus ternama.

Dia menganggap ketiga kampus itu memang patut disejajarkan dengan kampus dunia karena rajin menghasilkan publikasi dan penelitian kelas dunia. Dia mengharapkan, peringkat ketiganya semakin meningkat seiring kiprah tridarma perguruan tinggi mereka yang berbasis world class university. Mantan Rektor ITB itu juga berharap, penghargaan yang mereka raih semakin meningkatkan mutu lulusan dan produk pendidikan untuk kemaslahatan masyarakat.

Selain itu, ketiganya harus semakin terbuka untuk membuka akses bagi seluruh elemen masyarakat agar dapat menempuh pendidikan di kampus berkualitas. ”Jadi siapa bilang pendidikan kita ini buruk.Tinggal bagaimana pemerintah ini mendukungnya baik dari dana maupun kebijakan,” jelasnya.

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/512726/38/