Dada Rosada Bolehkan Mudik Pakai Mobil Dinas-Pernyataan KPK Dinilai Kurang Tepat

by -209 views

ilustrasi

Wali Kota Dada Rosada memperbolehkan mobil dinas di lingkungan Pemkot Bandung digunakan untuk mudik tahun ini. Akan tetapi,Dada meminta hanya untuk mudik, di luar penggunaan itu tidak diperkenankan, misalkan untuk berlibur atau pergi rekreasi yang menimbulkan pemborosan.

“Silakansajakalaumaudipakai untuk mudik,kansama-sama digunakan untuk pulang ke rumah, mau di dalam kota atau luar kotatetappulangke rumah,”ujar Dada seusai Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelang HUT ke- 67 RI di DPRD Kota Bandung, JalanAceh,kemarin. Menurut Dada, pernyataan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa penggunaan mobil dinas untuk mudik sama dengan korupsi,hal itu tidak terlalu tepat.

“Asal dipakai untuk pulang ke rumah tidak apa-apa. Kan bisa dibedakan apakah itu kepentingan yang penting atau yang tidak penting,”ujarnya. Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung Haru Suandharu mengungkapkan, Wali Kota adalah penguasa keuangan dan barang. “Jika Wali Kota sudah mengizinkan (mobil) dipinjam oleh pegawai negeri sipil,maka tidak ada masalah kalau dipinjam. Presiden sudah melimpahkan kewenangan pengelolaan keuangan dan barang pada kepala daerah,”ungkap Haru.

Baca Juga:  KPK Yakin Boediono Terlibat Kasus Century

Menurut Haru, pemakaian mobil dinas untuk mudik bisa dikatakan korupsi jika kepala daerah tidak mengizinkan, tapi PNS inisiatif sendiri meng-gunakan mobil itu untuk kepentingan mudik.“Untuk itu agar amannya, baik juga kalau Wali Kota membuat perwal ke depannya, termasuk mekanisme dan prosedurnya agar lebih kuat secara hukum,”ujarnya.

Intinya, lanjut Haru,kepala daerah memiliki otoritas untuk meminjamkan barang milik daerah kepada PNS atau pihak lain selama menjaga barang inventaris itu dengan baik. “Siapa saja yang menggunakan kendaraan operasional untuk kepentingan pribadi tanpa izin kepala daerah, dapat digolong kan korupsi,”tuturnya. yugi prasetyo

Sumber : www.seputar-indonesia.com

About Author: Tubagus Iwan Sudrajat

Gravatar Image
Tubagus Iwan Sudrajat ialah seorang penulis artikel di Bandung, Jawa Barat. Dia juga penulis artikel di beberapa blog dan media online.