Jawa Barat Siap Dilewati 15 Juta Pemudik

by -13 views

Sejumlah jalan raya di Jawa Barat akan dilalui oleh sekitar 15 juta pemudik dari arah Jakarta dan Banten. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat memastikan bahwa jalur infrastruktur di Jabar sudah siap dilalui para pemudik Lebaran 2012.

Semua jalur utama baik di selatan maupun utara, menurut Kadis Bina Marga Provinsi Jabar, sudah tinggal pembenahan saja di beberapa titik jalan raya. “Saya kira sudah tak ada masalah untuk jalur utama seperti utara dan selatan. Baik jalur Gentong yang ada di selatan ataupun pantura Indramayu Cirebon, sudah tinggal finishing,” kata Guntoro usai Rapat Koordinasi Pengamanan Lebaran 2012 di Mapolda Jabar, Selasa 31 Juli 2012.

Saat ini menurut Guntoro, perbaikan jalan hanya tinggal jalan dari arah Tasik ke Bandung yang masih dalam tahap diperkeras. “Pembangunan jalur alternatif Gentong, di Kabupaten Tasikmalaya memang menjadi titik fokus pihaknya. Karena itu jalur sentral yang kerap dilalui oleh para pemudik,” papar Guntoro.

Pihak Bina Marga menargetkan, dalam seminggu beberapa jalur yang masih dalam tahap perbaikan akan bisa dilalui. Sedangkan bagi beberapa jalur yang dianggap rawan longsor, Dinas Bina Marga Jabar akan membenahi beberapa jalur yang dikategorikan rawan longsor.

“Kami sudah benahi seperti yang terjadi di Parakan Muncang dan Cicalengka. Untuk di tempat lain yang rawan longsor, akan kami siapkan petugas beserta alat beratnya,” kata Guntoro.

29.209 Aparat Gabungan

Sementara itu, Polda Jabar mulai melakukan persiapan pengamanan hari raya tersebut, dengan menggelar Rakor (Rapat Kordinasi) beserta seluruh Kapolres se-Jabar dan  jajaran intansi terkait seperti Pemprov Jabar, Kodam III Siliwangi dan jajaran terkait lainnya.
Rapat yang dipimpin oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol Hengky Kaluara tersebut, menyebutkan bahwa Jabar sebagai daerah tujuan mudik serta lintasan mudik akan menyiapkan seluruh perangkat, guna menghadapi tradisi mudik yang setiap tahunnya dilakukan masyarakat.

“Dalam operasi Ketupat Lebaran yang akan digelar tanggal 12 Agustus hingga 26 Agustus 2012 mendatang, di mana guna mengamankan operasi tersebut Polda Jabar akan mengerahkan sekitar 29.209 personel,” kata Wakapolda Brigjen Pol Hengky Kaluara kepada wartawan usai Rakor di Mapolda Jabar.

Dari jumlah tersebut, Wakapolda menuturkan jika jumlah personel Polda Jabar yang disiagakan keseluruhan sekitar 20.320 anggota Polri dari Polda Jabar. “Sekitar 2/3 kekuatan kami kerahkan, di mana sekitar 8.254 personel merupakan personel dari TNI, Satpol PP dan usur anggota masyarakat lainnya yang tergabung dalam Ormas,” ujar Wakapolda.

Jumlah personel yang ada tersebut, seluruhnya akan disebar ke seluruh kota dan kabupaten yang ada di Jabar. Termasuk personel bantuan dari Mabes Polri yakni sekitar 635 personel

Sumber : www.viva.co.id