Jerman Dibekuk Argentina 1-3

by -4 views

FOTO:AFP/Daniel Roland

Bermain di depan publiknya sendiri, timnas Jerman harus mengakui keunggulan Argentina. Mengakhiri laga dengan 10 pemain, Der Panzer kalah dengan skor 1-3.

Dalam laga yang dihelat di Commerzbank-Arena, Kamis (16/8/2012) dinihari WIB, Argentina mencetak tiga gol dari bunuh diri Sami Khedira, Lionel Messi dan Angel Di Maria. Gol hiburan Jerman dibuat Benedikt Hoewedes.

Jerman harus bermain minus satu pemain setelah Ron Robert Zieler dikartu merah di pertengahan babak pertama. Setelah laga ujicoba ini Jerman akan melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 2014 bulan depan dan begitu pula dengan Argentina.

Jalannya pertandingan

Jerman membuat peluang pertama di menit 12 ketika Marco Reus di sisi kiri berhasil membongkar pertahanan Argentina dan mengumpan kepada Mesut Oezil. Oezil menyepak bola tapi Sergio Romero menepisnya dengan kaki.

Higuain! Penyerang asal klub Real Madrid itu mendapat peluang emas di menit 21. Crossing dari sisi kiri menemuinya di kotak penalti dan Higuain sambil berlari mengeksekusi lewat sepakan voli di depan gawang, tapi bola melayang di atas mistar.

Empat menit setelahnya Marcos Rojo melepaskan sepakan terukur ke gawang tapi bisa ditepis oleh Romero.

Argentina mendapat hadiah penalti di menit ke-30 ketika Ron Robert Zieler melanggar Jose Ernesto Sosa di kotak penalti. Zieler mendapat kartu merah dan Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti setelah bola berhasil diredam Marc Andre Ter-Stegen yang masuk sebagai pengganti.

Tim tamu akhirnya bisa mencetak gol juga di masa injury time ketika Sami Khedira yang salah mengantisipasi bola hasil tendangan pojok Di Maria dan malah membuat bola berbelok ke arah gawang, tanpa bisa dihalau Stegen.

Argentina menggandakan keunggulan di menit 52 ketika kerjasa sama Higuain dan Kun Aguero memudahkan Messi menceploskan si kulit bundar ke jala Stegen.

Beberapa saat sebelumnya Jerman justru nyaris menciptakan gol ketika tembakan Reus dari luar kotak penalti berhasil menaklukkan Romero, tapi bola malah menghantam tiang gawang.

Di menit 64 Messi mengancam gawang Jerman setelah memanfaatkan umpan backheel dari Higuain. Coba mencungkil bola melewati Ter-Stegen, bola malah menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Pada menit 73 giliran Di Maria yang membuat gol lewat sebuah sepakan jarak jauh yang tak bisa dihalu Ter-Stegen. Argentina memimpin 3-0.

Messi lagi-lagi coba mengobrak-abrik pertahanan Jerman lewat sebuah aksi individu di menit 75. Usai melewati tiga pemain lawan, bola disepak ke arah gawang tapi sialnya masih menerpa tiang.

Jerman bisa membobol gawang Argentina di menit 81. Diawali pergerakan Mario Goetze di sisi kanan yang diakhiri dengan crossing ke depan gawang dan disambut Hoewedes lewat sundulan sambil menjatuhkan diri. Bola pun tak bisa dihalau oleh Romero dan mengubah skor jadi 1-3.

Kemenangan 3-1 untuk Argentina pun bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Jerman: Zieler; Boateng, Hummels (Hoewedes 25′), Badstuber, Schmelzer; Oezil (Gundogan 69′), Khedira (Kroos 69′), Bender (Goetze 74′), Klose (Schuerrle 62′); Mueller (Stegen 31′), Reus.

Argentina: Romero; Zabaleta (Campagnaro 65′), Garay, Fernandez, Rojo; Mascherano; Gago; Jose Sosa (Aguero 45′), Di Maria (Guinazu 73′), Messi; Higuain