Pemerintah Dukung Mobil Ramah Lingkungan

by -2 views

Foto:seputar-indonesia.com

Pemerintah siap memberikan dukungan kepada produsen mobil di Tanah Air untuk mengembangkan mobil hemat bahan bakar. Selain mobil dengan harga terjangkau, mobil berbahan bakar gas dan mobil hibrida juga diminta segera dikembangkan. Wakil Presiden Boediono mengatakan pemerintah akan mendorong para pelaku automotif untuk mempromosikan mobil yang ramah lingkungan.

” Pemerintah akan serius dan mudah-mudahan produsen tidak hanya merencanakan. Kita harapkan bisa hadir mobil hibrida bukan yang mewah, tapi yang terjangkau oleh rakyat,” tutur Boediono saat membuka perhelatan akbar pameran automotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012di Jakarta kemarin.

Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono serta para eksekutif agen pemegang merek dan pihak prinsipal. IIMS 2012 akan berlangsung mulai 20 hingga 30 September 2012. Ajang pameran mobil ini diikuti 35 merek kendaraan yang terdiri atas 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan komersial.

Kendaraan penumpang yang berpartisipasi dalam IIMS antara lain Audi,BMW,Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Dodge, Ford, Geely, Honda, Hyundai, Infinity,Jeep, KIA,Mazda, Mercedes- Benz,Mitsubishi Motors, Mini, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota,dan Volkswagen. Lebih jauh, Boediono mengatakan teknologi automotif di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang dibandingkan dua tahun lalu.

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menyatakan Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa. Besarnya potensi pasar ini bisa digunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis.”Kita memiliki faktor yang bisa digunakan untuk mengangkat pasar domestik, yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar,” ujar mantan Menko Perekonomian ini.

Boediono mengatakan, dengan arahan yang tepat, kolaborasi faktor keunggulan tersebut dapat membawa Indonesia menjadi yang terdepan.Dia juga menyatakan dukungan pemerintah terhadap pengembangan teknologi kendaraan hibrida dan kendaraan listrik yang memiliki potensi pengembangan jangka panjang.Kedua teknologi ini sejalan dengan tema Eco-Mobility yang diusung IIMS 2012.

Selain hibrida dan listrik, gas juga menjadi salah satu hal yang bisa dikembangkan untuk teknologi automotif. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman MR menambahkan, IIMS tahun ini lebih banyak mengusung mobil yang efisien dan ramah lingkungan.”Tujuan pameran kali ini adalah bagaimana sejumlah agen pemegang merek (APM) memamerkan mobil, baik konsep atau yang sudah ada, yang ramah lingkungan dan efisien,”tegasnya.

CEO Astra International Tbk.-Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin mengungkapkan, pihaknya merespons arahan pemerintah tersebut dengan menghadirkan mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Dia mengungkapkan dengan konsumsi BBM yang hemat dan lokal konten mencapai 85%, mobil tersebut bisa dijangkau oleh banyak kalangan. anton c/danang arradian.

sumber:seputar-indonesia.com