Big Bang, Hipnotis Penonton di Jakarta

by -4 views
foto:koreaindo.net

Konser Big Bang di Ancol, Jakarta, pada 12 dan 13 Oktober 2012 kemarin seolah menegaskan mengapa boyband asal Korea tersebut layak mendapat julukan sebagai ”Revolutionary Group of the Hallyu Wave”.

Hallyu wave (gelombang Korea) sendiri adalah istilah untuk menggambarkan penyebaran budaya pop asal Korea yang mendunia.Big Bang mendapat label Hallyu wave yang ”revolusioner” karena karakter musik dan gaya berbusana mereka sangat berbeda dengan boybandatau girlband asal Korea Selatan lainnya.

Perbedaan itulah yang dirasakan oleh para VIP— sebutan bagi penggemar Big Bang—yang menonton penampilan live Big Bang dalam Big Bang Alive Galaxy Tour 2012,pada Jumat dan Sabtu malam (12 dan 13 Oktober 2012) kemarin di Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta. ”Dari semua konser KPop di Jakarta,konser Big Bang adalah yang terbaik,” komentar Arnita Susanty melalui akun Twitter-nya.

Selama 2,5 jam,grup peraih MTV Europe Music Awards(EMA) 2011 untuk kategori Worldwide Actyang beranggotakan G-Dragon, 24,TOP,25,Taeyang,24,Seungri, 22,dan Daesung,23, itu membawakan total 25 lagu,menampilkan berbagai konstum yang heboh,aksi panggung menawan,serta menyapa penonton dengan ramah. Sejumlah hits mereka bawakan dari lima mini album yang telah dirilis. Mulai dari Alive,Hands Up, Fantastic Baby,Number 1, One of Kind,Bad Boy,Blue, Love Song,Monster,Feeling, Haru-haru,Lies,Baby Baby Baby,My Heaven,Tonight, hingga Stupid Liar.

Big Bang tidak selalu tampil berlima di atas panggung. Mereka bisa tampil bergantian: bertiga,duet,hingga solo.Lihat saja saat TOP dan G-Dragon menaiki panggung sambil membawakan Knock Downdan High High yang sangat enerjik. Di lain waktu Seungri tampil sendiri saat melantunkan Strong Baby.Ia menggunakan kostum hitam army sambil membawa senjata yang mengeluarkan laser berwarna hijau.

Panggung juga pernah menjadi milik Taeyang seorang. Pria yang kabarnya hobi bergonta-ganti gaya rambut (lebih dari 200 kali) itu menyanyikkan single Wedding Dress.Taeyang juga sempat melepas kaosnya, memperlihatkan tubuh atletis yang membuat para penonton histeris. Sejak awal produser YG Entertainment memang ingin menampilkan sebuah boyband dengan formula lengkap. Lengkap dalam arti tidak hanya bermodal tampan dan bisa menari saja,melainkan benar-benar mampu bernyanyi dengan baik.

Untuk membuktikannya, jaringan televisi MTV Korea membuat 10 episode dokumenter yang merekam aktivitas mereka selama menjalani audisi.Video dokumenter tersebut melukiskan proses latihan seperti sesi menari dan menyanyi yang sangat berat. Namun,kerja keras itu terbayar.Setiap anggota Big Bang adalah individu yang memiliki kemampuan menari dan bernyanyi sangat lengkap.Buktinya,G-Dragon dan Top,telah melakukan kolaborasi dengan penyanyi Inggris Pixie Lott di lagu Dancing On My own.

Tentu saja,kekompakan mereka sebagai sebuah band tetap terbukti saat membawakan secara marathon single mid-temposeperti Bad Boy, Blue,Love Song,dan Monster. Kostum panggung para personel Big Bang juga sangat heboh.Di suatu kesempatan mereka kompak menggunakan baju ala marching band,di lain waktu memakai jas putih. Mereka juga sangat akrab menyapa penonton.Taeyang, misalnya,secara spontan berucap “Aku Cinta Padamu!” kepada penonton dalam irama beatbox.Penonton pun histeris.Meski lebih sering berkomunikasi dengan bahasa Inggris,Seungri sendiri tak ragu berucap “apa kabar?”.

Terbentuk pada 2006,Big Bang mulai meraih popularitas di 2007 dan rajin menggelar tur keliling Korea.Pada 2008,mereka menggelar tur keliling Korea kedua yang bertajuk Big Bang Is Great. Konser tersebut membuat para personel Big Bang harus dirawat di rumah sakit karena mereka terlalu lelah dan cedera dalam konser.Alhasil kegiatan promosi pun tertunda. Mini album Tonightadalah amunisi mereka untuk diterima oleh penonton di luar Korea pada 2011,mendudukui Top 10 tangga lagu iTunes Chart di Amerika.

Tahun ini mereka mempromosikan mini album ke-5 mereka Aliveyang di rilis pada tanggal 29 Februari silam.Sebagai pendukungnya adalah tur dunia Big Bang Alive Tour 2012 di 25 kota dan 16 negara,termasuk Indonesia.Dikabarkan pemasukan mereka selama tahun ini mencapai USD69 juta. thomasmanggalla

sumber:seputar-indonesia.com