Badan Kehormatan Panggil 5 Oknum DPR Pemeras BUMN

by -3 views
Foto:Antara/ Yudhi Mahatma

Ketua Badan Kehormatan DPR, M Prakosa, menyatakan total ada lima nama anggota DPR yang dilaporkan Menteri BUMN Dahlan Iskan mencoba memeras direksi Badan Usaha Milik Negara.

“Saat ini Pak Dahlan Iskan total menyampaikan lima nama. Apapun yang disampaikan itu, akan kami proses. Besok lima nama yang disebut akan kami mintai keterangan,” kata Prakosa sebelum sidang paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 19 November 2012.

Selasa besok, 20 November 2012, kelima angota DPR tersebut tidak akan dimintai keterangan secara sekaligus dan bersamaan, namun secara perorangan. “Ada yang dipanggil jam 10.30, jam 11.00, atau jam 14.00 WIB,” ujar Prakosa.

Apabila kelima orang tersebut terbukti memeras BUMN, maka sanksi menanti. “Tapi harus ada bukti-bukti, termasuk bukti dari direksi BUMN terkait,” kata Prakosa. Menurutnya, informasi yang disampaikan Dahlan Iskan adalah data sekunder.

“Beliau hanya mendengar dari seseorang yang mengalami. Sementara yang mengalami kan direksi BUN. Maka akan kami panggil juga direksinya. Buktinya akan kami telusuri, apakah ada rekaman, SMS,” ujar politisi PDIP itu. BK DPR sendiri menyarankan Dahlan Iskan untuk langsung ke KPK apabila mengantongi bukti hukum.

Kelima nama oknum anggota DPR pemeras BUMN terkait diserahkan Dahlan ke BK dalam dua tahap. Tahap pertama ia menyerahkan 2 nama pada tanggal 5 November 2012. Tahap kedua, Dahlan menyerahkan lagi 5 nama pada tanggal 7 November 2012. Namun Dahlan kemudian merevisi 5 nama terakhir itu. Ia membatalkan 2 nama di antaranya.

“Pertama ada 2 nama, lalu beliau menyampaikan surat untuk menambahkan 5 nama lagi. Tapi lalu surat itu direvisi untuk membatalkan 2 nama. Jadi totalnya ada 5 nama anggota DPR,” kata Prakosa. (umi)

Sumber:viva.co.id