Ini Deretan Pejabat yang Pesan Mobil Esemka

by -3 views
Foto:(VIVAnews/Fajar Sodiq)

Selain masyarakat umum, sejumlah pejabat hingga tokoh nasional dan politik ramai memesan mobil Esemka. Prabowo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, termasuk yang sudah memesan mobil buatan dalam negeri tersebut.

Penanggung Jawab Produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Joko Sutrisno, mengungkapkan, selain Dahlan Iskan dan Prabowo, pemesan lainnya adalah Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, Ketua DPR RI Marzuki Alie, Menko Kesra, Agung Laksono, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo.

“Sebagian dari tokoh tersebut sudah kita hubungi untuk pemesanan Esemka. Tapi siapa saja saya kurang hafal namanya. Mereka itu sudah menanyakan terus tentang mobil Esemka,” kata Joko kepada VIVAnews.

Lanjut Joko, sejumlah instansi maupun lembaga juga ikut memesan mobil Esemka. Di antaranya dari perguruan tinggi Muhammadiyah, sejumlah pondok pesantren, Kosgoro, Telkom, dan lainnya.

“Untuk perguruan tinggi Muhammadiyah itu nantinya seluruh Indonesia akan memesan mobil Esemka,” ujarnya.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park, Gampang Sarwono menyebutkan bahwa Koperasi Telkom wilayah Indonesia Timur memesan mobil Esemka dalam jumlah yang cukup besar, mencapai ribuan unit. “Ya dulu itu pesannya sampai ribuan,” ujar Gampang.

Selain Koperasi Telkom, instansi yang memesan dalam jumlah cukup besar adalah dari Kalimantan Timur. Bahkan yang melakukan pemesanan adalah Gubernur Kalimantan Timur sendiri. “Gubernur Kaltim pesan sekitar 600 sampai 800 unit mobil Esemka,” tambah dia.

Lolos Uji

Pada peluncuran mobil Esemka 10 November nanti, para pemesan Esemka yang sudah tercatat akan dihubungi lagi untuk menanyakan tentang keseriusan pemesanan tersebut. “Nanti ada tim yang akan menghubungi para pemesan itu,” ujarnya lagi.

Mobil Esemka dinyatakan telah laik jalan oleh Kementerian Perhubungan. Mobil ini juga telah memperoleh surat Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dari Kementerian Perindustrian. Kini, mobil Esemka tengah mengurus penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Setelah melakukan berbagai uji kelaikan, mobil Esemka akan diluncurkan secara resmi tanggal 10 November 2012 mendatang, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Harganya dipatok antara Rp100 juta hingga Rp140 juta. (ren)

Sumber:viva.co.id