Windows 8 Curi Perhatian di Indocomtech

by -5 views
Foto:seputar-indonesia.com

Windows 8, sistem operasi terbaru Microsoft itu, menarik perhatian konsumen yang memadati pameran Indocomtech 2012di JCC, Jakarta, pada 31 Oktober-4 November 2012.

Windows 8 hadir di Indonesia dengan kecepatan penuh.Sistem operasi Windows terbaru itu dikenalkan secara resmi oleh Microsoft Indonesia pada Sabtu (27/10) silam.Dua hari setelahnya vendor seperti Asus,Hewlett-Packard (HP),hingga Lenovo langsung menggelar konferensi pers untuk memamerkan produk- produk mereka yang sudah dibekali oleh Windows 8.

Sedangkan konsumen sendiri sudah langsung bisa membeli Windows 8 yang dibenamkan di ultrabookataupun notebookterbaru di pameran IT Indocomtech 2012 yang berlangsung hingga hari ini.Bahkan,Windows 8 seolah menjadi bintang pameran tersebut. Hampir setiap vendor mem-bundlingWindows 8 dalam paket penjualan. ”Ini sistem operasi Windows terbaru mas,silahkan dilihat dulu fitur-fiturnya,” ujar Monika,sales promotion girlSamsung ramah.Windows 8 single tau standar dipaketkan dengan ultrabook Samsung Series 5 yang berukuran 13 inci,memiliki prosesor Intel Core i5,HDD 500 GB,dan berat 1,4 kg seharga Rp8,9 juta.

Meski Samsung Series 5 tidak memiliki layar sentuh, namun Monika mengatakan masih banyak keunggulan yang ditawarkan OS tersebut. Mulai waktu boot lebih singkat, konsumsi baterai kian hemat,serta tampilan yang lebih catchy. Seorang pengunjung Yanto S,38,mengatakan bahwa user interfaceWindows 8 tak jauh beda dengan Android maupun iOS.”Tidak ada masalah bagi saya untuk menyesuaikan,” ujar pria yang sehari- harinya bekerja di perusahaan pembiayaan itu. Namun,Yanto menilai jika Windows 8 dibenamkan di notebook atau ultrabookyang tidak memiliki layar sentuh akan terasa canggung.

”Saya rasa desain Windows 8 di-optimalkan untuk fungsi sentuhan. Ketika saya mencoba menavigasikan tampilan Live Tiles-nya dengan trackpad, jadi canggung,”ia menambahkan. Pengunjung lain,Chandra Widjaja,47,sudah membaca ulasan soal Windows 8 di internet. Pada Jumat (2/11) silam ia sengaja datang ke Indocomtech 2012 untuk memutuskan apakah ia perlu beralih dari Windows 7 orisinil yang sudah digunakannya sejak 2 tahun silam. ”Tampilannya bagus,tapi navigasinya agak membingungkan dan kurang user friendlyjika dibandingkan iOS,”ujar Chandra setelah beberapa menit mengutakatik Sony Vaio Duo 11.

Ultrabook seharga Rp13 jutaan itu memiliki layar sentuh,prosesor Intel Core i5,RAM 4GB, serta SSD 128 GB. Ternyata Chandra merasa belum sepenuhnya yakin untuk beralih ke Windows 8.Alasannya justru terkait dukungan hardwaredi sistem operasi tersebut.Sony Vaio Duo 11 yang memiliki tebal 17,75 mm dan berat 1,3 mm dirasa Chandra masih terlalu bulky. ”Yang saya harapkan adalah sebuah tablet berukuran 7 atau 10 inci,ringan,namun dapat digunakan untuk bekerja seperti laptop,”ujarnya.” Tablet itu harus memiliki OS Windows 8,dukungan USB,serta aplikasi Office.

Sehingga saya dapat bekerja tanpa perlu membawa laptop,” katanya. Bisa jadi spesifikasi yang diinginkan oleh Chandra ada pada Surface,tablet keluaran Microsoft yang sudah memiliki kibor sebagai penutup kover (Touch Cover),sistem operasi Windows RT,serta aplikasi Office gratis. Sayangnya,tablet dengan banderol harga USD500 tersebut hanya tersedia di Amerika saja. Kendati demikian,Windows 8 mendapat respon yang sangat baik.Empat hari sejak diluncurkan pada 26 Oktober silam,OS tersebut sudah terjual hingga 4 juta unit di seluruh dunia.

Sejak 26 Oktober hingga 31 Januari 2013 mendatang,Microsoft memang memberikan promosi upgradeke Windows 8 Pro.Syaratnya,pengguna harus terlebih dulu menjalankan Windows XP SP3,Windows Vista,atauWindows 7. Upgrade tersebut dapat dilakukan dengan harga USD69.99.Windows 8 full version sendiri dibanderol USD119.99 dan Windows 8 Pro full version USD199.90.

Patut dicatat bahwa pengguna belum mendapatkan Microsoft Office.Aplikasi produktivitas terpopuler di dunia itu dijual terpisah seharga Rp769.000 (Office Home and Student 2012), Rp1,7 juta untuk Office Home and Business 2012,atau Rp4,9 juta untuk Office Professional 2010. Para analis menilai bahwa 6-12 bulan mendatang akan menjadi masa krusial bagi Microsoft untuk mendapatkan traksi terhadap penjualan Windows 8.”Microsoft masih menyimpan harapan dan optimisme,”ujar Daniel Ives,analis FBR Capital Markets kepada Reuters.

Sebaliknya,analis firma riset Forrester Sarah R Epps mengatakan bahwa sebagian konsumen akan menunggu tablet yang akan berjalan dengan Windows 8 Pro serta chip terbaru buatan Intel Corp., Clover Trail,yang jauh lebih irit konsumsi daya dibandingkan dengan Intel Atom. danang arradian

Sumber:seputar-indonesia.com