Cikapundung Festival III-Warga Kampanyekan Kebersihan Sungai

by -11 views
Foto : seputar-indonesia
Foto : seputar-indonesia

Masyarakat Kota Bandung kembali diingatkan untuk peduli akan kebersihan Sungai Cikapundung melalui Cikapundung Festival yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Tidak berbeda jauh dengan festival yang dilakukan sebelumnya. Akan tetapi, kegiatannya kali ini lebih meriah dan banyak warga yang mengapresiasikan kegiatan membersihkan sungai. Lihat saja kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB ini, ratusan orang sudah memadari pinggir Sungai Cikapundung.

Dalam festival ini memang melibatkan 25 komunitas yang peduli dengan kebersihan Sungai Cikapundung.Selian itu ada 350 peserta yang ikut memeriahkan festival. Acara dimulai dengan menyusuri sungai.Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda pun ikut memeriahkan acara dengan menaiki perahu rakit berbentuk naga.Parade air itu diikuti ratusan orang yang menaiki kukuyaan(ban truk yang dijadikan perahu),dan river boat.

Selama kurang lebih satu jam, perahu-perahu itu melaju dari Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung hingga menepi di Sungai Cikapundung,Jalan Braga.Acara dilanjutkan dengan lomba. “Lomba jalan kaki dengan menyusuri sungai ini dimaksudkan, tidak lain dan tidak bukan agar masyarakat tahu Cikapundung ini ada yang jaga,” kata Riana Dewi, Ketua Komunitas Baraya Cikapundung, di lokasi Cikapundung Festival III,kemarin.

Riana menyatakan,Festival Cikapundung ini mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan sungai. Salah satu kemeriah acara adalah berbagai lomba yang diadakan panita,di antaranya kukuyaan, yaitu menaiki ban truk digunakan dua orang peserta untuk melewati tiga titik berbentuk zigzag.“Di tiap titik itu ada bendera dan disertai hadiah. Di antaranya DVD player, jam tangan, setrika, dan kaos,” ujarnya. gita pratiwi

Sumber : seputar-indoensia.com