Hotel di Bandung Penuh, Menjelang Tahun Baru

by -9 views

Hotel-Hilton-BandungOkupansi kamar hotel di Kota Bandung mulai dari kelas melati hingga berbintang mencapai 95% saat malam Tahun Baru.

“Jumlah wisatawan ke Bandung terus meningkat, juga jumlah hunian hotelnya,” kata Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muhtar,kemarin. Saat ini,menurutnya, tingkat pemesanan kamar hotel baru sekitar 85%.Tiap hotel memiliki suguhan atau acara menarik mulai dari menu makanan baru hingga bermacam hiburan seperti mengundang artis. “Kalau pesta kembang api sepertinya belum ada dari hotel,”ujarnya.

Public Relation Grand Royal Panghegar, Restina,mengungkapkan, tingkat reservasi untuk momen pergantian tahun telah mencapai 90%.Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga mendekati puncak pergantian Tahun Baru. ”Sebagian besar tamu hotel berasal dari Jakarta dan kota lainnya di Indonesia,”jelasnya. Menurut dia, reservasi kamar untuk Tahun Baru telah dilakukan sejak awal bulan ini.

Panghegar, lanjut dia, menawarkan paket menginap dengan harga mulai Rp2,2 juta per hari. Untuk menarik minat pengunjung, pihak manajemen mengadakan acara The Treasure Island Party, sebuah pesta berburu harta karun di 10 booth games activitydan di Amartapura Ballroom. Hiburan lainnya antara lain magician performance, akrobat, Scarlet Band, Markus band, dan She Band. “Bagi tamu hotel, kami menawarkan hadiah tiket Air Asia (PP) ke Malaysia, Singapura, dan Bangkok.Juga ada hadiah logam mulia,”imbuhnya.

Hal senada dikemukakan Public Relatin Savoy Homan Bidakara Hotel,Dina Novia Faisal. Menurut dia, reservasi mendekati 95%. Puncak kunjungan diperkirakan terjadi pada 30–31 Desember 2012 sampai 1 Januari 2013. “Sekitar 5–10% tamu kami adalah warga negara Malaysia yang ingin menikmati pergantian tahun di Bandung,”jelas Dina.

Tidak jauh beda dengan hotel lainnya, Savoy Homan juga menawarkan paket Tahun Baru. Harga yang dipatok mulai dari Rp1,8 juta atau naik sekitar 50% dari tarif normal sekitar Rp1,2 juta. “Kami akan menghadirkan Fiktor Hutabarat sebagai penghibur tamu hotel,” terangnya.

Hotel di Bali Habis Dipesan

Menjelang libur Tahun Baru hampir semua hotel di Pulau Bali sudah habis dipesan. Meskipun semakin sesak dan padat, Bali masih menjadi lokasi favorit bagi wisatawan yang hendak menghabiskan masa liburan. “Hunian tamu hotel sudah mencapai 100%,” kata Asisten Direktur Sales Hotel Kuta Station Kuta Candy Juliani kemarin.

Di hotel bintang tiga yang terletak di Jalan Kartika Plasa Kuta ini,70% tamu yang menginap merupakan turis domestik seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Malang. Mereka sudah memesan 132 kamar yang sejak jauh hari dengan sistem pembayaran penuh di muka dengan harga mulai Rp900.000.

Kondisi serupa terlihat di Hotel Harris Sunset Road Kuta. Saat ini tingkat hunian hotel bintang empat yang memiliki 186 kamar ini sudah mencapai 95%.“Sebanyak 70% tamu kami wisatawan domestik,” ujar Public Relation Manager Adinda Ashrininitya. Soal harga,Adinda mengatakan sangat terjangkau mulai Rp755.000, itu pun sudah bisa dipakai untuk satu keluarga dengan double bed.

“Kamar yang masih tersisa dipastikan akan terisi menjelang pergantian tahun,”ujarnya. Tingkat hunian yang masih cukup longgar terlihat di hotel bintang lima seperti di Hotel Kuta Paradiso yang mematok harga standar Rp1,5 juta. “Tingkat hunian masih sekitar 90%, jadi masih ada kamar,” ujar Candy yang juga satu grup dengan Kuta Paradiso.

Sekretaris Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Bali Perry Markus memperkirakan kunjungan wisatawan domestik pada liburan akhir tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Ini terlihat dari banyaknya hotel yang sudah menolak reservasi alias full booked. “Kami perkirakan, satu dua hari semua hotel sudah terisi penuh,”kata dia. arif budianto/ miftachul chusna