Majalengka Butuh 12.000 Tenaga Kerja

by -8 views

Peluang kerja di beberapa perusahaan di Majalengka hingga pertengahan Desember ini masih dibutuhkan sekitar 12 ribu orang tenaga kerja. Jumlah tersebut lambat terpenuhi akibat minimnya peminat kerja di perusahaan yang tersedia.

Menurut keterangan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majalengka H. Eman Suherman, perusahaan yang masih membutuhkan banyak pekerja tersebut antara lain adalah perusahaan garmen PT Jabagarmindo untuk operator mesin sebanyak 7.000 tenaga kerja, Litex sebanyak 2.500 orang juga untuk operator mesin, Kistek 1.500 dengan kualifikasi pekerjaan yang sama, Bank BTPN sebanyak 700 orang yang tenaga kerjanya akan ditempatkan di seluruh Jawa Barat , Bank Danamon serta BPRKS sebanyak 50 orang.

Untuk pekerja di garmen yang dibutuhkan kebanyakan perempuan, demikian juga di BTPN, sedangkan di Danamon dan BPRKS laki-laki dan perempuan karena mereka akan ditempatkan sebagai tenaga administrasi serta marketing serta inkaso.

“Untuk beberapa perusahaan seperti garmen, peluang kerja yang dibutuhkan kualifikasinya tidak terlalu berat karena mereka bisa (menerima) hanya lulusan SD atau SLTP, pembukaan kerja ini sudah beberapa kali dilakukan hanya tetap belum juga terpenuhi,” ungkap H. Eman.

BTPN juga menurut H.Eman sudah beberapa kali melakukan rekrutmen namun tetap belum terpenuhi. Yang terpenuhi baru sekitar 350 orang. “Untuk sektor-sektor informal jauh lebih banyak lagi,” ungkap H.Eman. (C-28/A-88)***

Sumber:pikiran-rakyat.com